10 Tips Marketing Instagram untuk Kesuksesan Era Digital

Essentials.id – Salah satu cara ampuh untuk mendapatkan kesuksesan era digital adalah mengoptimalkan strategi pemasaran lewat Instagram. Ya, Instagram memang menjadi salah satu platform media sosial dimana Anda bisa meningkatkan kesuksesan bisnis Anda. Dengan keberadaan media sosial yang memiliki jangkauan luas, Anda bisa lebih fokus menggarapnya daripada melakukan strategi pemasaran yang konvensional. Dengan pemasaran berbasisi digital, bisnis yang Anda kelola akan lebih berpeluang
mendapatkan kolega dan pelanggan baru yang mana akan membuatnya tetap eksis di tengah persaingan yang ketat.

Tips Marketing Instagram Sukses Era Digital

Tumbuhkan Follower

Menumbuhkan basis pengikut adalah salah satu kunci sukses paling utama jika Anda ingin sukses dalam strategi pemasaran Instagram. Rumusnya, tanpa pengikut yang banyak akan sangat sulit untuk meningkatkan penjualan karena promosi Anda tidak banyak yang melihatnya. Bagaimana cara menumbuhkan pengikut? Kecuali bisnis Anda benar-benar baru, Anda pasti sudah punya pelanggan sebelumnya. Nah pelanggan bisa Anda minta untuk mengikuti profil Anda lewat email. Anda juga bisa mengikuti pebisnis yang mirip dengan Anda agar follower mereka juga bisa mengikuti Anda.

Berikan Kesan Pertama yang Bagus

Kesan pertama sangatlah penting, maka Anda harus benar-benar menampilkan kesan pertama yang bagus kepada pengikut Anda. Jadi semua hal tentang profil Instagram Anda harus benar-benar memukau sesuai bisnis yang Anda geluti. Mulai dari logo, bio hingga postingan. Jika Anda berhasil menampilkan kesan pertama yang bagus, mereka tidak akan ragu bertransaksi dengan Anda.

Post Secara Berkala

Anda harus mengatur kapan dan seberapa sering Anda bisa posting produk di Instagram. Sering posting foto atau video juga tidak baik, karena tentu akan membanjiri beranda follower Anda. Jika Anda memiliki banyak produk untuk dipromosikan, Anda bisa memanfaatkan fitur Instagram Story. Rata-rata posting produk yang tepat adalah 1,5 post sehari atau sekitar 10-11 post seminggu.

Baca juga: Tips Content Marketing 2019

Jangan Terlalu Menjual

Maksudnya adalah semua post Instagram Anda tidak melulu tentang penjualan, karena berpotensi membuat pengikut Anda illfeel. Anda bisa sesekali post hal-hal yang lucu, yang penting masih berhubungan dengan brand yang ingin dibangun. Hindari juga posting hal-hal yang kontroversial yang biasanya berkaitan dengan SARA.

Go Live

Sesekali tidak masalah jika Anda berinteraksi secara langsung dengan pengikut Anda. Dengan begini Anda bisa merasa dekat dengan pelanggan setia dan mereka bisa secara langsung berkeluh kesah atau sekedar menyapa Anda. Bukan tidak mungkin cara ini lebih bisa meningkatkan penjualan karena pengikut Anda merasa spesial dan diperhatikan keinginannya. Jadi jangan lupa untuk merespon semua komentar ketika Anda sedang streaming. Ketika Go Live, Anda bisa mendemonstrasikan produk terbaru, proses produksi atau bahkan mengenalkan karyawan Anda. Anda juga bisa melakukan tanya jawab untuk benar-benar mengatahui keinginan target pasar.

Kerja Sama dengan Influencer

Salah satu cara sukses era digital lewat Instagram adalah menjalin kerja sama dengan Influencer. Mereka adalah orang yang terkenal dan banyak pengikutnya serta bisa menggiring mereka untuk melakukan sesuatu, misalnya saja membeli sebuah produk. Berdasarkan fakta, sebanyak 90% ahli pemasaran mengatakan bahwa kerja sama dengan influencer sangat efektif. Mereka memiliki pengikut yang setia yang akan membeli produk atas rekomendasinya. Pastikan saja Anda memilih influencer yang sesuai dengan brand bisnis Anda.

Berikan Hashtag pada Caption

Anda tidak boleh sekedar posting foto atau video tanpa caption atau hashtag yang mewakilinya. Dengan hashtag yang menarik, orang-orang akan lebih kenal dengan produk yang Anda promosikan. Nah, dengan hashtag inilah mereka bisa menemukan post tersebut dengan mudah melalui fitur pencarian.

Jalankan Kontes atau Giveaway

Untuk meningkatkan penjualan dengan Instagram, Anda bisa menjalankan kontes atau giveaway. Maksudnya Anda bisa mengadakan kontes dengan syarat tertentu, nanti pemenangnya akan mendapatkan hadiah dari Anda. Jangan salah, mungkin ini terdengar merugikan karena Anda memberikan barang secara gratis ke pengikut Anda.

Melakukan giveaway tidak akan membuat Anda rugi jika dilakukan dengan tepat. Ya, bahkan cara ini bisa membuat Anda mendapatkan follower tambahan secara signifikan. Caranya mudah saja, misalnya Anda mengadakan kontes ke follower Anda untuk mengupload foto mereka dengan menandai profil Anda. Mereka juga harus like dan share post tersebut ke berbagai platform sosial media yang dimiliki.

Upload Shoppable Post

Jika Anda memiliki website ecommerce, maka jangan sungkan untuk menggunakan fitur shoppable post di Instagram. Shoppable post adalah post yang akan terhubung langsung dengan transaksi. Di dalam post tersebut sudah tersedia harga dan bagi yang tertarik untuk bertransaksi tinggal mengkliknya lalu mengikuti langkah selanjutnya.

Post Produk Lebih dari Sekali

Anda harus posting produk lebih dari sekali, karena jika hanya sekali saja, orang-orang akan dengan mudah melupakannya. Hal ini penting, karena bisa saja follower Anda belum niat membelinya ketika Anda post pertama kali. Berdasarkan penelitian, orang butuh lihat produk hingga 4 kali sebelum mereka memutuskan untuk membelinya.

Demikianlah ulasan yang bisa kami berikan tentang tips marketing Instagram untuk sukses di era digital. Dengan mengikuti tips di atas, penjualan Anda akan meningkat yang akan membuatnya tetap eksis serta tahan banting di tengah persaingan ketat.
Semoga sukses!

Tim Essentials!

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of