3 Teknik SEO untuk Tingkatkan Ranking Website di Google

Essentials.id – Saat ini penggunaan SEO untuk artikel menjadi semakin popular di kalangan para blogger. Hal ini dikarenakan persaingan di halaman pencarian sangatlah ketat. Jika blogger tidak membuat strategi khusus untuk meningkatkan ranking artikelnya, maka artikel yang ia posting akan sulit muncul di halaman pertama Google. Alhasil, viewer website mereka tidak akan meningkat walaupun sudah lama diposting.

Untuk itu, para blogger sangat memerlukan bantuan SEO untuk memaksimalkan websitenya. Seperti yang telah Kita ketahui, Google sangat senang dengan artikel yang menggunakan SEO, sehingga semakin baik SEO yang diterapkan, semakin mudah pula artikel muncul di halaman pertama Google. Lalu, bagaimana cara melakukan teknik SEO yang tepat? Simak ulasannya sebagai berikut!

Teknik SEO yang Tepat untuk Menaikkan Ranking di Google

Tingkatkan RKT Melalui Judul dan Deskripsi

Artikel dengan judul yang ramah SEO akan mudah muncul pada halaman utama Google. Tetapi mendapatkan peringkat pertama saja tidak cukup jika judul artikel yang Anda buat kurang menarik. Artinya, judul tidak hanya SEO friendly tetapi juga harus menarik perhatian banyak orang. 

Jika judul Anda tidak menarik, maka traffic tinggi pun akan sulit didapatkan. Padahal, tujuan dari pembuatan website dan optimasi SEO adalah membuat orang mau mengunjungi website Anda. Nah, untuk mendapatkan RKT (Rasio Klik Tayang) yang tinggi, Anda perlu fokus pada tag judul dan deskripsi meta. Biasanya meta deskripsi hanya berjumlah 150 sampai dengan 160 karakter.

Dalam tag judul, Anda perlu mencari kata kunci yang mendapat peringkat teratas di halaman pencarian. Untuk mengetahui kata kunci yang memiliki ranking tinggi, Anda bisa mengunjungi Ahrefs Site explorer atau Ubersuggest.

Pakai Tautan Internal 

Teknik SEO selanjutnya untuk dapatkan ranking pertama di Google adalah menggunakan tautan internal. Ini adalah suatu tautan balik dari halaman lainnya yang berada di situs yang sama. Tautan internal ditandai dengan kata-kata berwarna biru pada artikel yang dapat diklik. Kata-kata ini dipercaya dapat membantu aliran “otoritas” pada situs Anda.

Ada banyak orang yang juga percaya bahwa tautan internal dapat mempengaruhi peringkat website di Google. Sama persis yang diungkapkan oleh John Mueller dari Google. Untuk mengetahui performa web mana yang kinerjanya buruk, Anda bisa menggunakan Ahrefs Rank Tracker.

Baca juga: Tips Content Marketing 2019

Menangkan Cuplikan Fitur di Halaman Pertama

Cuplikan fitur atau unggulan umumnya akan muncul di bawah kotak pencarian. Cuplikan ini biasanya lebih banyak menarik perhatian banyak orang karena munculnya di bagian teratas halaman pertama pencarian Google. Jika Anda bisa memenangkan cuplikan fitur ini, tidak menutup kemungkinan website Anda akan berada di peringkat tertinggi dan lebih banyak menarik visitor.

Namun, perlu diketahui cuplikan unggulan ini umumnya hanya berlaku untuk situs yang berada pada peringkat 10 besar atau bahkan 5 besar. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan Anda pun bisa mendapatkan cuplikan unggulan dengan menggunakan laporan kata kunci organik di Situs Ahrefs. 

Caranya yaitu dengan mengunjungi site explorer, lalu masukkan domain Anda, Organic Keywords – SERP features – Featured Snippets – Saring 10 peringkat halaman. Sebenarnya tidak ada aturan khusus untuk bisa mendapatkan cuplikan karena sejatinya untuk bisa mendapatkan cuplikan, Anda harus menyelaraskan format konten Anda dengan keyword yang ada pada judul.

Tips SEO yang Tepat untuk Blogger Pemula

Fokus Pada 1 Hingga 2 Kata Kunci

Jika Anda ingin artikel Anda masuk dalam halaman pertama Google, maka Anda perlu fokus pada 1 sampai dengan 2 kata kunci. Kata kunci adalah topik yang ingin Anda bahas dan pasti masuk pada judul Anda. 

Untuk mengetahui kata kunci yang sering dicari oleh pengunjung internet, Anda bisa melakukan riset keyword di halaman pertama Google. Selain itu, Anda juga bisa kunjungi situs Ubersuggest untuk mengetahui keyword teratas di Google. Pilihlah kata kunci yang menduduki peringkat pertama karena prospeknya lebih besar.

Sertakan Kata Kunci pada Artikel

Kata kunci atau keyword tidak hanya masuk pada judul saja, melainkan juga di dalam pembahasan artikel. Biasanya, keyword akan diletakkan di paragraf pertama dan terakhir untuk optimasi SEO. 

Perlu diketahui, kata kunci memang sangat membantu Anda dalam memperoleh peringkat teratas di Google. Namun, hal itu bukan berarti Anda harus memasukkan kata kunci dalam jumlah yang banyak sehingga Anda telah menyakiti SEO Anda sendiri. Penyebutan kata kunci 2 kali saja biasanya sudah cukup.

Gunakan Google Search Console

Google Search Console akan sangat membantu Anda yang ingin artikelnya cepat terindeks oleh Google. Jika Anda sudah membuat judul yang tepat dan memaksimalkan peletakan keyword, Anda perlu bantuan dari Google Search Console ini.

SEO memang memiliki banyak manfaat bagi blogger baik yang sudah master maupun masih pemula. Dengan menggunakan SEO yang tepat, tentu tidak menutup kemungkinan kesempatan untuk memperoleh peringkat pertama sangatlah besar. Semoga bermanfaat!

Tim Essentials!

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of