4 Tipe Email Newsletter Bisnis yang Efektif di 2020

Inilah tipe email newsletter bisnis yang efektif

Essentials.id – Tren dalam banyak hal di dunia ini sifatnya dinamis alias akan mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Termasuk juga apa yang terjadi di dalam dunia pemasaran digital. Memasuki milenium baru di tahun 2020 ini tren dalam digital marketing mulai mengalami sedikit perubahan. Sebagai contoh adalah kembalinya email newsletter sebagai media penghubung dengan pelanggan.

Apakah yang dimaksud dengan email newsletter tersebut? Anda mungkin lebih sering menyebutnya dengan buletin. Ya, email newsletter memang bisa diartikan sebagai buletin yang dikirimkan lewat surel. Biasanya di dalam email newsletter tersebut akan tercantum beberapa informasi penting untuk pelanggan yang sudah terkoneksi. Misalnya produk terbaru, promo yang sedang dilakukan dan sebagainya.

Penggunaan email newsletter untuk membuat pelanggan tetap loyal dengan memberikan berbagai informasi terbaru terkait bisnis Anda. Dengan membaca email yang dikirimkan biasanya beberapa dari pelanggan kemudian menjadi tertarik untuk membeli. Hal inilah yang menjadi tujuan dari penggunaan email newsletter pada dunia pemasaran digital.

Namun bukan berarti Anda bisa mengirimkan buletin tersebut dengan konsep yang sembarangan kepada pelanggan. Agar buletin yang dikirimkan lewat email tersebut bisa menarik perhatian pelanggan yang menerimanya, maka harus dibuat sebagus mungkin. 

Nah, agar buletin yang dikirimkan kepada pelanggan bisa membuat mereka tertarik dan terus bertahan pada bisnis Anda sebaiknya lihat dulu tipe email newletter yang efektif. Inilah keempat tipe yang dimaksud.

4 Tipe Email Newsletter Bisnis yang Efektif

Surat dari Editor atau Model Artikel

Tipe yang pertama dari email newsletter yang bisa Anda kirimkan kepada pelanggan adalah dengan menampilkan sebuah artikel yang berhubungan dengan produk. Tipe seperti ini disebut juga sebagai surat dari editor. Pelanggan ataupun calon konsumen yang potensial diberikan informasi melalui artikel yang bisa diibaratkan seperti surat.

Email newsletter tipe ini cocok digunakan untuk keperluan pemasaran yang tujuannya adalah :

  • Menyampaikan sesuatu yang berkaitan dengan produk kepada pelanggan.
  • Menyatakan sikap tertentu perusahaan atas suatu isu atau masalah agar pelanggan mengetahui hal tersebut.
  • Perusahaan ingin mengembangkan lebih banyak hal berguna yang disampaikan melalui email newsletter.

Untuk membuat email newsletter tipe ini sebaiknya jangan menggunakan artikel yang terlalu panjang agar lebih efektif. Cukup tulis artikel yang panjangnya tidak lebih dari 200 kata untuk dikirimkan sebagai email newsletter. Namun jika sesuatu yang ingin disampaikan kepada pelanggan memang banyak Anda masih memungkinkan membuatnya dalam 2000 kata. Tetapi sajikan dengan cara menarik.

Menggunakan Link atau Model Kurasi Konten

Tipe email newsletter lainnya yang bisa Anda gunakan adalah menggunakan link atau model kurasi konten. Kelebihan dari email newsletter memang Anda bisa menyematkan link yang menghubungkan pelanggan kepada web tertentu. Email newsletter tipe ini pas digunakan untuk sebuah jenis bisnis yang tidak memiliki cukup SDM untuk menulis artikel.

Hanya saja ada satu hal yang harus Anda perhatikan jika memilih email newsletter tipe ini. Anda harus sudah memiliki atau menyediakan konten tertentu yang akan Anda tambatkan melalui link dalam email newsletter. Link bisa bersifat internal yang merupakan konten milik Anda sendiri. Atau bisa juga menggunakan eksternal link dengan menghubungkan pada konten milik orang lain.

Menggunakan Blog

Selain dengan menggunakan kedua tipe di atas Anda bisa juga memakai blog untuk dijadikan email newsletter. Mempergunakan blog sebagai newsletter akan memberikan manfaat tersendiri bagi perusahaan atau bisnis Anda. Dengan menggunakan blog maka Anda bisa melihat trafik seberapa banyak orang yang melihat konten Anda. 

Setelah itu Anda juga bisa melihat seberapa besar loyalitas pelanggan kepada produk Anda dengan melihat perkembangan trafik secara berkala. Jika Anda memilih email newsletter berbentuk blog maka sebenarnya Anda hanya mempunyai satu tujuan. Apakah tujuan tersebut? Yaitu bagaimana agar trafic pengunjung pada website bisnis Anda bisa terus meningkat. 

Tarik minat pelanggan untuk mengunjungi blog tersebut dengan mempergunakan beberapa kalimat persuasif yang bagus. Buat pengunjung selalu penasaran untuk terus membaca dan melihat konten yang disematkan lewat link. Anda bisa memasukkan link menuju channel YouTube misalnya.

Baca juga: Tips Content Marketing 2019

Tipe Hustle

Tipe email newsletter yang efektif untuk bisnis selanjutnya adalah model hustle. Email newsletter tipe ini bisa Anda pilih jika pada perusahaan atau bisnis Anda memiliki cukup banyak orang untuk menulis. Atau juga pada perusahaan yang memiliki afiliasi pada perusahaan atau jenis bisnis lainnya. Memang email newsletter tipe hustle ini akan membutuhkan tim yang besar untuk menulisnya.

Business people working on a laptop

Melalui email newsletter tipe hustle tersebut Anda bisa menyematkan link internal maupun eksternal yang sesuai. Fokus juga untuk membuat niche yang berbeda setiap saat. Tips untuk membuat email newsletter pertama kalinya adalah hindari membahas sebuah topik yang cukup berat karena hanya akan membuatnya menjadi spam. Tipe hustle ini akan membuat bisnis Anda seperti memiliki otoritas.

Tim Essentials!

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x