7 Cara Menjalankan Digital Marketing Efektif untuk Pemula

essentials.id – Dunia marketing atau pemasaran telah berkembang pesat sampai sekarang. Meski demikian, tujuan dari pemasaran sejak zaman dulu hingga di era modern saat ini pada dasarnya masih tetap sama, yaitu untuk menyebarkan pesan yang tepat kepada audiens yang tepat. Hanya saja, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, tujuan tersebut tak semudah itu bisa dicapai. Malah, tingkat kompleksitas dan persaingan di pasar pada era modern saat ini justru semakin meningkatatau semakin berat.

Di era saat ini, bisnis Anda tidak serta-merta dijamin populer dan laris hanya dengan mendandalkan produk yang bagus dan tim yang produktif. Justru sekarang ini jika Anda ingin bisnis Anda memenangkan persaingan di pasar, Anda harus bisa menaklukkan dunia digital. Dan di sinilah digital marketing atau pemasaran digital memiliki peran penting bagi setiap jenis dan skala industri dalam menghadapi dunia bisnis modern masa kini.

Anda barangkali sudah tahu beragam keunggulan teknik digital marketing dibandingkan teknik marketing konvensional atau tradisional, seperti biaya yang lebih efisien, pertumbuhan dan peluang bisnis yang lebih besar, tingkat konversi yang lebih tinggi, peningkatan prioritas bagi konsumen, interaksi lebih mudah dengan pelanggan, ROI yang lebih baik, serta tingkat kepercayaan yang lebih tinggi terhadap brand bisnis Anda.

Meski demikian, Anda pun barangkali juga merasa kebingungan ketika Anda akan mulai menerapkan strategi digital marketing bagi bisnis Anda, terlebih jika ini pertama kalinya Anda terjun di dunia digital marketing, atau pertama kalinya menjalankan bisnis. Apabila Anda mengalami hal tersebut, yuk simak tips berikut ini tentang 7 cara menerapkan teknik digital marketing dengan hasil efektif bagi pemula!

1.    Perbaiki website Anda.

Salah satu langkah penting yang perlu Anda terapkan dalam implementasi strategi digital marketing adalah dengan membenahi website bisnis Anda. Salah satunya dengan memastikan bahwa website bisnis Anda juga mobile-friendly, terlebih jika sampai sekarang website Anda masih dioptimasi hanya untuk tampilan desktop. Dengan demikian, website Anda pun akan dapat diakses dan dijelajahi dengan nyaman oleh para pengunjung, terlepas dari apa perangkat yang mereka gunakan – apakah perangkat mobile atau desktop. 

Selain itu, perhatikan pula desain dan tampilan website Anda. Sekadar menarik saja tidak cukup apabila website Anda terlihat berantakan sehingga pengunjung kesulitan menavigasi di website Anda. Pastikan Anda hanya menampilkan konten dan informasi yang relevan pada website bisnis Anda.

2.    Pertimbangkan segmen lokal.

Memang benar bahwa di era digital saat ini Anda bisa terhubung dengan siapa saja di seluruh dunia secara real time tanpa keluar banyak biaya. Aspek yang satu ini pun memberikan peluang besar bagi bisnis, melalui konektivitas tanpa batas. Meski begitu, apakah pasar global adalah segmen atau target yang realistis untuk bisnis Anda saat ini?

Fokuslah pada manfaat internet yang mampu menghubungkan Anda dengan audiens dengan mudah, di mana pun ia berada, termasuk mereka yang berada dalam lokasi yang jadi segmen bisnis Anda. Karena itu, meskipun bisnis Anda “hanyalah” bisnis lokal yang menyasar pasar yang lebih sempit, bukan berarti digital marketing tidak bisa Anda terapkan. Justru lewat digital marketing, Anda malah bisa menjangkau audiens pada lokasi yang tepat dengan lebih mudah.

3.    Selalu lakukan tes.

Langkah jitu yang dijalankan oleh bisnis lain dengan sukses tak berarti juga akan punya efek yang sama ketika diterapkan oleh bisnis yang Anda jalankan, bahkan jika Anda juga menjalankan bisnis di segmen yang sama atau memiliki produk yang serupa sekalipun. Oleh karena itu, dalam digital marketing, Anda tidak bisa menemukan satu cara yang ampuh dijalankan oleh siapa saja. Dan hal ini juga berarti Anda harus siap waktu dan tenaga untuk bereksperimen dan mengetes setiap taktik yang Anda tentukan sampai Anda berhasil menemukan formula yang tepat.

Apakah ini artinya Anda perlu sembarangan mengetes segala strategi yang ada dalam dunia digital marketing? Tentu saja tidak. Gunakan tenaga dan waktu Anda secara efisien dengan merumuskan strategi yang Anda nilai sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk memantau hasilnya. Dengan begitu, jika hasilnya belum sesuai yang Anda inginkan, Anda bisa segera terapkan strategi berikutnya.

4.    Terapkan aturan praktis.

Ada satu aturan praktis (rule of thumb) yang diterapkan oleh para digital marketer saat ini yang dapat Anda lakukan juga sebagai langkah awal dalam menerapkan teknik digital marketing dalam bisnis. Namanya adalah rule of three, di mana segala hal yang berjumlah tiga secara bawaan dianggap efektif dan memberikan kepuasan dibandingkan angka lainnya. Dan dalam dunia digital marketing dan content marketing, rule of three yang berlaku adalah: buat konten yang simpel, konsisten, dan selalu segera tanggapi feedback.

5.    Gunakan media sosial untuk brand bisnis Anda.

Menggunakan media sosial untuk strategi digital marketing bukan berarti mengisi ruang yang ada dengan konten-konten promosi dan jualan. Malah media sosial paling tepat dimanfaatkan sebagai media untuk menjalin hubungan dengan audiens Anda secara lebih personal, sebagaimana Anda menggunakan media sosial – misalnya Instagram – untuk berbagi dengan saudara dekat atau berinteraksi dengan teman.

Oleh karena itu, berilah konten yang bermakna bagi para follower akun media sosial Anda. Contohnya konten yang informatif dan berguna seperti tips, yang lebih ampuh dalam mendorong terjadinya interaksi dan engagement dengan audiens Anda, apalagi jika dibandingkan dengan konten jualan.

6.    Manfaatkan review online untuk keuntungan bisnis Anda.

Ada beberapa website yang sering jadi rujukan ketika seseorang sedang mencari referensi yang terpercaya sebelum membeli produk atau menggunakan jasa tertentu lewat review yang diberikan pengguna lain. Contohnya Google My Business untuk bisnis secara umum – online maupun offline – maupun website lain yang lebih spesifik ke segmen atau produk tertentu seperti Female Daily (kosmetik dan skincare) dan Zomato (kuliner). Anda bisa tambahkan bisnis atau produk Anda di website-website tersebut yang relevan untuk mendapatkan review, sehingga kredibilitas bisnis Anda juga meningkat. 

Di samping itu, ajak para pelanggan Anda untuk ikut memberikan review – apabila mereka benar-benar puas, malah biasanya pelanggan Anda tidak akan segan untuk meluangkan waktu sebentar untuk memberikan testimoni.

7.    Manfaatkan email marketing.

Siapa bilang email marketing sudah tamat? Justru sampai saat ini, email marketing rupanya masih jadi taktik digital marketing yang efektif, lho! Karena terlepas dari usia, jenis kelamin, maupun profesi, semua orang pasti memiliki email, kan? Apalagi, alamat email memang dibutuhkan agar pengguna smartphone dapat mengakses fungsi perangkatnya secara keseluruhan. Di samping itu, bisa dibilang semua orang pun mengecek email mereka setiap hari.

Lewat email marketing, Anda bisa buat newsletter mingguan, bulanan, semesteran, atau tahunan, tergantung kebutuhan, atau mengirimkan email berisi informasi promo, penawaran dengan kode khusus, dan informasi menarik lainnya yang dapat Anda bagikan kepada audiens yang sesuai dengan target segmen Anda secara rutin. 

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x