Apa Itu Unicorn Startup?

Essentials.id – Setelah debat capres semalam yang cukup menghibur dan terkadang mengedukasi. Sempat muncul istilah “Unicorn” yang membuat heboh para netized.

Meme-meme bermunculan dengan cepatnya, berusaha menjawab pertanyaan sederhana ini, tentu saja jawaban para netizen banyak yang sekedar melucu saja, seperti pada aplikasi twitter muncul hashtag trending #02gagapunicorn dengan 71.8k tweets.

Mari kita keluar dari hiruk pikuk politik dan kembali kepada digital marketing.

Unicorn Startup adalah perusahaan startup privat atau swasta yang memiliki nilai perusahaan (valuasi) menyentuh angka US $ 1 Miliar.

Beberapa startup di Indonesia yang sudah dapat dikategorikan Unicorn Startup adalah Tokopedia, Gojek, Bukalapak dan Traveloka (sumber: CNN Indonesia).

Tentu saja nilai sebuah perusahaan yang US$ 1 Miliar ini bukan berarti otomatis mereka memiliki keuntungan US$ 1 Miliar, bahkan ada beberapa startup hingga kini belum merasakan keuntungan sama sekali. Nilai/ valuasi ini memiliki beberapa faktor rumit yang akan kita dalami dalam post selanjutnya.

(Baca juga: Tokopedia Dapat Hadiah 16 Triliun Rupiah dari Alibaba)

Istilah Unicorn ini berawal dari seorang kapitalis bernama Aileen Lee, yang memilih mahluk mitos ini sebagai simbol kesuksesan yang jarang terjadi. (sumber: Wikipedia)

Sangat jarang terjadi sehingga di dunia ini hanya terdapat sekitar 300 Unicorn Startup.

CNBC Indonesia

Dengan semakin besarnya kucuran dana investor terhadap startup di seluruh dunia, kemudian muncul istilah baru untuk startup yang mendapatkan valuasi lebih dari US$ 1 Miliar:

  • UNICORN: US$ 1 Miliar
  • DECACORN: US$ 10 Miliar
  • OCTOCORN: US$ 100 Miliar

Pemerintah Indonesia optimis akan muncul 1 lagi Unicorn di tahun 2019 dan salah satu dari 4 Unicorn Indonesia akan naik peringkat menjadi Decacorn pada tahun yang sama.

Diluar apapun yang terjadi pada debat capres tadi malam, kami yakin semua pihak dapat berbangga atas keberhasilan anak-anak bangsa yang dengan cepat memasukkan Indonesia ke dalam peta sukses industri informasi dan teknologi di dunia.

Tommy Fabianus. Digital Marketing Director Grab Essentials! & seoindonesia.co.id

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of