Apakah Sosial Media Mulai Menjadi Sumber Berita?

Dengan bergesernya cara kita mengkonsumsi media, dari jamannya print media, luluh lantaknya kerajaan majalah cetak serta koran, disusul dengan transformasi media cetak menjadi website berita dan bermunculannya artikel-artikel tidak bertanggung jawab yang menyamarkan dirinya sebagai berita dan di gaungkan lewat tombol share yang di klik tanpa memperhatikan kredibilitas berita yang kita share, kita telah mencanangkan diri menjadi generasi digital yang tidak lama lagi akan menjadikan digital channel sebagai satu-satunya media yang akan kita konsumsi.

Pew Research Centre melakukan riset untuk menyelidiki hal ini di Amerika Serikat dan mendapatkan hasil yang mengejutkan.

Sebagian masyarakat Amerika Serikat masih mempercayakan berita mereka dari televisi, di urutan kedua, lewat website berita seperti Essentials! he3. Namun yang unik adalah sosial media sudah mengalahkan koran sebagai source berita yang dikonsumsi. Pertanyaannya adalah dengan bergesernya tren ini, apakah berita yang dikonsumsi adalah berita yang bisa dipertanggungjawabkan. Terutama dengan kejadian bocornya data Facebook yang dipergunakan oleh organisasi tidak bertanggung jawab untuk mengubah persepsi masyarakat terhadap figur politik dengan menggunakan berita-berita yang mengarahkan persepsi masyarakat.

berita sosial media

Dengan melihat tren ini harapan kita adalah para penyedia layanan sosial media mulai menyaring dengan bijaksana konten berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dan juga kepada kita semua, user sosial media untuk secara aktif melaporkan hal-hal yang kita anggap melenceng jauh dari kebenaran.

Jangan klik tombol SHARE tanpa mengerti apa yang kalian bagikan! Jadilah netizen yang bertanggung jawab.

oleh Tommy Fabianus, Digital Marketing Director Grab Essentials!

Share this:

3
Leave a Reply

Please Login to comment
3 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback
WeChat Meniru Fitur Instastory? - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS

[…] Fitur lain dalam versi baru ini adalah “Top Stories,” di mana konten yang di share oleh teman-teman kamu akan ditampilkan di feed user. Fitur ini juga menggunakan alogaritme dimana user akan mendapatkan post-post lain yang dimilar atau disukai oleh user. Fitur yang terakhir ini mirip dengan aplikasi berita ByteDance, Jinritoutiao. (baca juga: Sosial media menjadi sumber berita) […]

trackback
Whatsapp sekarang tidak bisa untuk sebar hoax? - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS

[…] Saat ini yang mengalami banyak sorotan adalah Facebook & Whatsapp (yang merupakan anak perusahaan Facebook). Sebagai social media dan aplikasi chat yang memiliki user terbanyak saat ini, paling tidak di Asia tenggara dan Asia Selatan, banyak netizen yang menyalahgunakan kedua platform ini untuk menyebarkan informasi yang tidak benar dan menggiring opini masyarakat dengan informasi yang dirancang untuk menjatuhkan lawan politik misalnya. Dan sayangnya banyak netizen yang mengkonsumsi informasi dari sosial media seakan-akan itu adalah satu-satunya sumber informasi yang paling tepat. (baca juga: Sosial media sekarang menjadi sumber berita menggantikan channel berita tradisional) […]

trackback
Youtube Ternyata Biang Kerok Berkembangnya Teori Bumi Datar

[…] (Baca juga: Sosial Media Sekarang Sudah Menjadi Sumber Berita) […]