Berbagai Tren Digital Marketing 2020 Booming di Indonesia

Essentials.id – Di era sekarang yang semua serba teknologi, digital marketing menjadi salah satu teknik marketing atau pemasaran yang paling diminati untuk hampir semua jenis bisnis serta usaha baik dari skala kecil hingga besar. Ditambah lagi dengan adanya fitur penunjang mumpuni yang membantu membuat teknik tersebut semakin efektif. Maka tidak heran jika digital marketing dinilai sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini hingga bermunculan berbagai tren dari teknik pemasaran tersebut yang menjadi sangat populer atau booming digunakan. Lalu apa saja tren digital marketing saat ini? Berikut ulasannya. 

Pentingnya Digital Marketing untuk Bisnis

1. Lebih Mudah Terhubung dengan Konsumen

Salah satu alasan digital marketing penting untuk bisnis adalah memudahkan untuk berkomunikasi dengan konsumen. Para konsumen akan merasa lebih dihargai jika mendapatkan pelayanan yang baik dan cepat dari perusahaan. Begitu pula jika usaha atau bisnis mengeluarkan produk terbaru dapat melakukan promosi dengan langsung pada para konsumen. Selain itu, usaha atau bisnis dapat menerapkan strategi memadukan digital marketing serta cara manual atau konvensional. Dengan begitu, engagement konsumen akan meningkat hingga beberapa persen. 

2. Mengetahui Perilaku dari Konsumen

Mengetahui atau melacak perilaku konsumen dapat dilakukan dengan digital marketing. Dari sini, Anda dapat melihat apa saja yang sedang menjadi trending ataupun yang paling dibutuhkan oleh konsumen. Anda atau perusahaan dapat menggunakan fitur kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence untuk melacak bagaimana perilaku konsumen tersebut. Kelebihan dari fitur tersebut adalah dapat mengolah data konsumen jumlah besar sehingga dapat menciptakan tren pasar yang baru. 

3. Pangsa Pasar Lebih Luas

Pemasaran atau marketing memiliki tujuan utama untuk memperluas pangsa pasar lalu akhirnya menyasar ke calon konsumen yang baru. Jika konsumen tersebut tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan, maka nantinya akan laku keras dan meningkatkan pendapatan perusahaan. Digital marketing jangkauannya sangat luas, Anda tidak hanya bisa menjangkau daerah-daerah sekitar tempat usaha, melainkan memperluasnya hingga ke seluruh dunia, sangat berbeda dengan pemasaran secara konvensional yang hanya bisa menjangkau pangsa pasar tertentu dan di daerah sekitar perusahaan. 

4. Menekan Biaya Pemasaran Konvensional

Bila pemasaran secara konvensional dapat menggunakan koran, majalah, brosur, hingga reklame yang membutuhkan pengeluaran biaya untuk marketing yang cukup mahal, berbeda dengan Anda jika menggunakan digital marketing. Mengapa begitu? Menggunakan digital marketing Anda tidak harus mengurus perijinan yang cukup rumit ataupun terbebani pajak yang tidak sedikit, Anda hanya cukup menggandeng agency untuk memasarkan produk dari perusahaan pada ranah digital. Saat ini sudah banyak agency yang mampu membawa produk usaha Anda lebih dikenal oleh masyarakat luas, misalnya saja grabessentials.id yang siap membantu membangun brand produk Anda melalui digital channels yang membawa Anda dan perusahaan ke customer yang tepat. 

Tren Digital Marketing 2020

  1. Chatbots

Chatbots merupakan fitur obrolan otomatis pada suatu situs atau layanan pesan instan, Chatbots ini menggunakan bantuan tokoh virtual atau robot untuk menjawab semua chat atau respon dari pelanggan. Walaupun sebenarnya tren marketing yang satu ini sudah ada sejak lama, namun hingga sekarang masih terbilang cukup efektif digunakan dalam digital marketing di Indonesia. 

  1. Video Marketing

Salah satu tren digital marketing yang populer dan dapat dikatakan paling efektif saat ini untuk memasarkan produk pada calon konsumen adalah video marketing. Strategi pemasaran yang satu ini memang mulai banyak dipakai oleh perusahaan mulai dari yang kecil hingga perusahaan besar. Ada cukup banyak keuntungan dari menggunakan video marketing untuk promosi produk, salah satunya adalah segi biaya yang lebih murah. Selain itu, dalam sebuah riset dari Tubular Insight, 96 persen responden dari 1000 memilih membeli suatu produk setelah mereka menonton video yang menarik mengenai review sebuah produk tertentu. Nah, dari situ dapat terbukti bahwa video digital mampu memberikan dapat yang positif pada proses marketing atau pemasaran suatu bisnis. 

  1. Influencer Marketing

Tren pemasaran ini menggunakan peran dari influencer di media sosial seperti selebgram, artis, hingga youtuber yang populer. Nantinya pada strategi digital marketing ini, para influencer akan dibayar untuk membantu mengenalkan serta memasarkan produk pada masyarakat luas atau public dengan melalui unggahan foto serta video mereka di media sosial. Cara ini dinilai cukup efektif dan cepat, terutama di zaman sekarang yang hampir semua orang suka untuk berselancar di media sosial seperti Instagram dan Facebook. 

  1. Voice Marketing

Meski kebanyakan orang lebih suka melihat visual, namun di sisi yang lain penggunaan dari konten suara atau audio masih cukup masif dan menjadi salah satu tren yang unik saat ini. Sedikit mirip dengan iklan radio, nyatanya tren pemasaran yang satu ini bisa menjadi cara efektif untuk memasarkan atau mempromosikan produk atau jasa ke calon konsumen atau pengguna.

  1. Social Media Stories

Social Media Stories adalah fitur yang mungkin sudah pernah Anda gunakan sejak tahun 2013 di Snapchat. Kini fitur ini sudah semakin berkembang dan dirilis pada beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube, hingga Whatsapp. Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda bisa memberikan sentuhan Fear of Missing Out ke target konsumen. Hal itu karena konten yang diunggah pada story hanya akan bertahan selama 24 jam saja sehingga para pengikut dari media sosial harus cepat dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan dari bisnis Anda. 

  1. SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya untuk mengoptimasi sebuah website untuk mendapatkan peringkat yang teratas pada hasil pencarian. Biasanya teknik pemasaran yang satu ini diterapkan untuk optimasi website toko online supaya mendapatkan ranking yang tertinggi di hasil mesin pencarian Google. Dengan menerapkan beberapa langkah untuk optimasi SEO, potensi dari adanya traffic organic di suatu website pun bisa meningkat. Dengan begitu calon lebih mudah untuk menemukan website tersebut. Untuk melakukan SEO pada website bisnis, Anda bisa menggunakan jasa SEO handal dan profesional, contohnya saja seoindonesia.co.id. Jasa SEO satu ini akan membantu Anda menaikkan traffic dari website yang dimiliki serta menempatkannya di halaman pertama pencarian Google. 

  1. Website

Tidak kalah pentingnya, website juga dapat menjadi salah satu tren marketing yang diincar oleh pebisnis atau para marketer untuk melakukan promosi produk. Hal itu karena kecepatan dari sebuah website yang dapat memberikan bermacam dampak yang positif untuk kredibilitas serta kestabilan bisnis yang menggunakan website tersebut sebagai sarana untuk berkomunikasi. Mulai dari kenyamanan akses ke website bagi para pengunjung sampai kemudahan untuk mencarinya di mesin pencari adalah kelebihan yang ditawarkan oleh website yang cepat. Selain itu, design website yang menarik dan mudah untuk digunakan baik untuk Anda atau para konsumen juga menjadi pengaruh yang cukup penting agar website tersebut semakin banyak pengunjung dan pangsa pasar menjadi lebih luas. Untuk bisa membuat website bisnis Anda memiliki desain yang menarik, Anda bisa menggunakan jasa web desain yang banyak saat ini.

Demikian pembahasan tentang tren digital marketing yang populer saat ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin semakin mengembangkannya dengan mengikuti tren yang ada. 

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x