Berikut Cara Sukses Memulai Digital Marketing

Saat ini sudah banyak pelaku bisnis yang ternyata baru menyadari jika mereka harus mengadopsi digital marketing agar apat menjangkau target pasar. Namun bagaimana untuk anda yang baru memulai digital marketing ini, apa yang harus dilakukan? Yuk simak cara sukses memulai digital marketing seperti pada pembahasan berikut ini.

Definisikan hingga menentukan profil target

Untuk memulai digital marketing, maka cara pertama yang harus anda lakukan yaitu dengan mengetahui secara pasti siapakah yang sebenarnya yang akan menjadi target pasar bisnis yang anda jalankan ini. Nah, mulailah untuk mengenali dengan baik siapa target anda dengan cara memperhatikan beberapa hal di bawah ini.

  • Pekerjaan
  • Kelompok usia
  • Lokasi
  • Pendapatan
  • Kebiasaan
  • Saluran media sosial yang mereka sukai
  • Solusi yang dibutuhkan dari bisnis anda

Ketika anda mengetahui dengan baik target pasar anda, maka anda bisa fokus terhadap saluran pemasaran yang memang cenderung dapat memberikan hasil pada bisnis yang anda miliki. Dengan begitu, hasil yang diperoleh pun akan semakin efisien dan efektif.

Menentukan apa output dan apa yang ingin sekali dicapai

Dari berbagai aktivitas digital marketing yang akan dijalankan nantinya, maka sangatlah penting agar menentukan output serta apa yang ingin dicapai. Yang jelas outputnya pun beragam, dari mulai ingin meningkatkan penjualan, menambah pengunjung website, mengenalkan merek, memperluas target pasar, mendapatkan prospek pelanggan baru, dan sebagainya. Nah, sebelum ingin memulai digital marketing, maka output inilah yang harus sudah didefinisikan secara terperinci dan jelas. Jangan sampai anda memulainya, namun tidak tahu apa yang akan dicapai untuk kesuksesan bisnis yang anda miliki.

Pilihlah channel yang memang sesuai dengan bisnis anda

Untuk anda yang telah melakukan cara yang pertama dan kedua, maka cara berikutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan memilih channel yang cukup sesuai dengan bisnis yang sedang anda jalankan. Yang jelas setiap bisnis akan membutuhkan perlakukan secara berbeda. Maka dari itu, pastikan lagi jika anda sudah dengan baik mengetahui siapa yang akan menjadi target pasar anda. Ada beberapa channel yang dapat digunakan dalam digital marketing, dari mulai SEO, Paid ads (iklan berbayar, misalnya seperti FB ads, Google Ads), email marketing, social media marketing, content marketing, video marketing, dan sebagainya. Contohnya ketika anda sudah mengetahui jika target pasarnya adalah orang yang berusia 17 hingga 24 tahun, tentunya social media marketing dapat dijadikan sebagai channel paling tepat untuk digunakan. Karena dengan memilih channel yang tepat, maka hal ini dapat menentukan keberhasilan serta efektivitas pesan yang akan disampaikan. Untuk itu, sudah saatnya anda menentukannya secara bijak, ya!

Sempurnakan layanan pelanggan anda

Untuk bisnis oflfline atau di masa lalu, kemungkinan anda tidak mengkategorikan layanan pelanggan ini sebagai bagian pemasaran yang anda lakukan. Tetapi di dalam dunia digital marketing, maka hal ini memiliki peran yang cukup penting. Saat memasuki ranah online, maka penyebaran beritanya akan sangat cepat, bahkan tiak dapat dibendung. Ketika anda memberlakukan layanan yang cukup buruk kepada pelanggan hari ini, maka anda besoknya sudah melihat ini sebagai pembicaraan yang cukup ramai di jagat raya. Maka dari itu, anda tidak boleh melupakan begitu saja layanan pelanggan ini. Yang jelas layanan pelanggan akan sangat membantu anda dalam menciptakan reputasi. Meskipun Anda sudah mengeksekusi strategi dengan cukup baik, namun ketika reputasi dari layanan pelanggan cukup buruk, pastinya mereka yang menjadi target pasar anda langsung menarik diri ketika memilih produk yang anda tawarkan.  

Membangun website pribadi

Kehadiran situs e-commerce saat ini memang telah membuat banyak perusahaan berpikir jika memiliki website pribadi bukanlah keharusan. Namun anggapan ini dapat dikatakan keliru karena memiliki website pribadi tetaplah penting untuk dilakukan. Nah, website pribadi ini dapat dijadikan sebagai branding bisnis anda. Tidak hanya itu saja, website ini juga dapat dijadikan sebagai tempat ideal sebagai portofolio perusahaan. Bukan hanya dijadikan sebagai tempat bagi toko online anda, namun website ini juga akan memungkinkan anda berbagi konten blog yang memang dicari oleh target pasar yang anda miliki.

Mulailah secara perlahan untuk membangun jaringan

Pada dasarnya jaringan merupakan kunci. Sehingga semakin besar dan luas jaringan yang dimiliki, maka akan semakin besar juga peluang dalam memasarkan produk anda. Jaringan ini dapat diibaratkan seperti halnya “tulang punggung” yang akan menopang seluruh aktivitas marketing yang anda lakukan. Pembuatan jaringan dalam dunia digital akan semakin mudah atau lebih sulit jika dibandingkan dengan anda membangun jaringan di dunia nyata. Nah, kemudahan ini bisa diperoleh di saat anda dapat membuat langkah-langkah networking ini secara tepat. Sedangkan kesulitan ini bisa selalu ditemui ketika anda membuat jaringan yang kurang tepat. 

Gunakan ads

Tentunya ads ini dapat membantu performa strategi digital marketing anda. Yang jelas ada beberapa pilihan ads yang dapat anda pilih, dari mulai Search Engine Marketing atau SEM yang mana anda akan mengiklankan website yang anda miliki, biasanya menggunakan GoogleAds. Atau menggunakan media sosial yang juga bisa menjadi pilihan terbaik untuk dilakukan seperti Facebook ads, hingga Instagram ads. Beriklan melalui digital marketing akan berbeda dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional, yang mana anda dapat menargetkan kepada siapa akan beriklan, maupun seberapa banyak anggaran yang akan dikeluarkan. 

Miliki sosok mentor

Mungkin pengalaman merupakan guru terbaik yang dimiliki oleh seseorang. Namun ketika anda bisa mempunyai sosok guru yang dapat mengingatkan sebelum terciptanya kesalahan, bukankah hal ini lebih baik? Nah, disinilah betapa pentingnya peran dari seorang mentor. Ada baiknya jika anda bisa memiliki seorang mentor yang memang sudah berpengalaman dengan dunia digital marketing. Dengan adanya seorang mentor, pastinya anda bisa dengan bebas untuk bertanya kapan saja anda menghadapi masalah. Selain itu, mentor juga akan senantiasa untuk membantu anda supaya bisa ber-progress dengan baik dari waktu ke waktu. Ketika anda kesulitan mencari mentor, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan layanan online course yang memang sudah tersedia. Konon dengan memanfaatkan layanan ini, anda tentunya juga dapat memiliki “mentor visual” yang selalu siap membantu anda kapan pun anda membutuhkan bantuan. Bahkan beberapa course ini dapat diakses secara gratis, lho! 

Setelah mengetahui berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas, apakah anda ingin sekali sukses menggeluti dunia marketing ini, namun kebingungan bagaimana melakukan strategi yang tepat untuk membuat produk anda bisa semakin dikenal oleh banyak orang? Tenang anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menjadikan grabessentials.id sebagai solusi terbaik untuk membuat strategi branding digital semakin bagus dan menarik.

Demikianlah berbagai pembahasan mengenai cara sukses memulai digital marketing.

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x