Cara Beriklan di Facebook

Facebook Sarana Promosi yang Efektif, Bagaimana cara Beriklan di Facebook ?

Salah satu sosial media yang banyak digunakan banyak kalangan dari muda, remaja, hingga lanjut usia dan juga berbagai gender dan kalangan yaitu Facebook. Banyak sekali manfaat yang bisa kita gunakan ketika menggunakan Facebook, bukan hanya bisa bercengkrama dan berkomunikasi saja tetapi kita bisa menggunakan Facebook sebagai salah satu wadah untuk memasarkan produk dan brand yang kita jual.

Mengenal Apa Itu Facebook?

Facebook merupakan jejaring sosial yang didirikan sejak tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg seorang mahasiswa di Harvard University, dahulu Sebelum adanya Facebook Mark sempat membuat jejaring sosial bernama Facemash , Situs ini mirip Hot or Not yang menggunakan foto dari teman-temanya di sembilan asrama. dan semakin lama semakin berkembang sehingga terbentuklah Facebook, di Facebook fitur yang disajikan sangat lengkap , seperti Share Foto, Video, bahkan Microblogging bisa dilakukan disana semakin lama jumlah pengunanya semakin banyak dan menyebar di seluruh dunia bahkan di facebook juga bisa di jadikan sarana untuk berjualan juga lho. Sarana berjualan facebook bisa melalui Organik ataupun berbayar , Nah kali ini kita akan memperkenalkan apa itu Facebook ads.

Sedikit mengenai Facebook ads ?

Facebook ads merupakan suatu sarana yang di sediakan oleh facebook sebagai sarana beriklan di jejaring terbesar ini dimana pengguna bisa beriklan sesuai dengan target market dari minat dari pengguna lainya di facebook ini. Facebook Ads atau iklan di Facebook saat ini menjadi salah satu wadah favorit para marketer dalam menjual dan mempromosikan produk dan brand nya secara online. Dengan mengatur strategi harga dan design, beriklan di Facebook memungkinkan penjual untuk menjangkau audiens yang telah ditargetkan berdasarkan minat/ interest pengguna Facebook.

Apabila kalian ingin membuat iklan di Facebook, bisa melakukan dengan cara langsung yang ada pada tampilan depan akun personal yang kamu miliki ataupun bisa juga dengan langsung dari pengaturan bisnis manager untuk membuatnya langsung yaitu melalui akun iklan bisnis (ad account). Berikut ini uraian step by step untuk mengaktifkan Facebook Ads atau iklan Facebook.

  1. Pilih ‘Create Ads

    Untuk membuat Facebook Ads, langkah awal yang harus kalian lakukan yaitu Create Ads atau buat iklan. Kemudian, dari tampilan bisnis manger (ad account), kalian dapat memilih Create Campaign untuk membuat kampanye iklan untuk produk dan brand kalian.

  2. Menentukan Objective dari Iklan

    Dalam Facebook Ads memiliki banyak sekali ragam Objective untuk optimasi dalam satu iklannya. Objective inilah yang nantinya akan memaksimalkan iklan kalian sesuai dengan behavior audiens yang kalian targetkan. Contoh misalnya dengan kalian memilih Objective Engagement maka Facebook Ads akan menayangkan iklan ke audiens yang sering melakukan like dan komen di akun Facebook pribadinya. Apabila kalian memilih Objectivenya Traffic maka Facebook Ads kalian akan menayangkan iklan untuk audiens yang sering melakukan untuk mengunjungi website dan melakukan kegiatannya pada website. Jika Objectivenya App Installs maka Facebook Ads kalian akan menayangkan iklan untuk audiens yang sering melakukan kegiatan untuk menginstall aplikasi.

  3. Tentukan Target Audience 

    Setelah kalian menentukan jenis Objective nya, selanjutnya kalian harus menentukan target audiens yang sesuai dengan iklan yang kalian ingin pasang. Yaitu seperti: Location yaitu wilayah yang ingin ditargetkan. Bisa diisi dengan negara, provinsi atau kota. Age yaitu usia target audiens, kemudiaan Gender yaitu jenis kelamin target audiens. Languages yaitu bahasa yang digunakan target audiens. Lalu, Detail Targeting yaitu bisa diisi dengan Interest atau minat atau ketertarikan target audiens di Facebook. Behavior atau perilaku audiens dan juga Demographic atau Demografis yaitu misal kalian menargetkan orang- orang yang belum menikah atau belum. 

  4. Tentukan Penempatannya atau Placement

    Apabila kalian memilih Automatic Placement itu artinya Facebook akan menayangkan iklan kalian sesuai dengan defaultnya, yang artinya iklan akan tayang di semua tempat yang memungkinkan iklan tersebut untuk tayang. Akan tetapi, kalian bisa memilih untuk mengedit placement, yaitu untuk menayangkan iklan kalian sesuai dengan penempatan yang kalian tuju dan inginkan.

  5. Menentukan Budget Iklan 

    Kalian bisa memilih dan menentukan Facebook Ads atau iklan di Facebook kalian untuk menggunakan dana harian (Daily Budget) ataupun sepanjang masa (Lifetime Budget). 

  6. Jadwal Tayang Iklan

    Setelah kalian menentukan targeting, penempatan dan budget iklan, settingan yang perlu kalian perhatikan adalah, Schedule yaitu menentukan jadwal iklan tayang di Facebook, kapan iklan mulai tayang dan kapan iklan berakhir. Kemudian Optimize yaitu untuk menentukan optimasi iklan apakah ingin membayar saat iklan diklik atau saat iklan tampil. Lalu, Ad Scheduling yaitu untuk menentukan apakah iklan akan tayang sepanjang waktu 24 jam atau di hari dan jam tertentu saja. Setelah semuanya telah kalian selesai isi, klik ‘Continue’ atau ‘Lanjutkan’.

  7. Menentukan Materi Iklan

    Materi iklan dapat kalian langsung ambil di salah satu fanpage yang menjadikan kalian sebagai pengurus (Admin). Pilihlah fanpage yang akan kalian iklankan di Facebook Ads kalian, ataupun beberapa akun media sosial kalian yang telah terkoneksi oleh Facebook tersebut, kemudian posting yang ingin kita iklankan.

  8. Review dan Konfirmasi

    Setelah kalian melakukan semua settingan Facebook Ads atau iklan Facebooks tersebut dengan benar, pilihlah Review untuk membaca dan melihat ulang settingan iklan tersebut. Ataupun bila kalian merasa yang kalian masukan sudah benar semua pada settingan tersebut, kalian hanya perlu memilih selesai dengan pilih konfirmasi.

Setelah proses review dan konfirmasi dari akun Facebook tersebut kalian hanya tinggal menunggu, bisa berlangsung cepat bisa juga lama. Jadi, tunggu saja hingga kalian mendapatkan approval dari Facebook. Mau Beriklan di Facebook yuk hubungi kami.

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x