Email Blast Juga Perlu Mobile Friendly?

Melihat perkembangan behaviour pengguna internet saat ini, tidak bisa kita pungkiri lagi kalau dalam waktu dekat hampir 90% waktu kita untuk browsing dan sekedar mengecek email akan dilakukan dari smartphone kita, dan hanya sekitar 10% dihabiskan di desktop.

Kita sebagai entrepreneur dan pelaku marketing, harus mengadaptasi hal ini kedalam semua kegiatan marketing kita, apakah itu memindahkan sebagian besar budget dari traditional marketing ke digital atau mengadaptasi cara komunikasi kita ke klien atau customer lewat channel-channel digital.

Banyak orang sudah tahu bahwa rumus sukses website kedepannya adalah membuatnya mobile friendly, kalau saya lebih suka menyebutnya Mobile First, karena kalau friendly artinya kita membuat design dengan mindset desktop dan disesuaikan ke mobile, tetapi dengan Mobile First method, kita membuat design dengan mindset mobile dan menyesuaikan ke desktop.

Email Marketing Juga Harus Mobile Friendly?

Sayangnya banyak orang lupa kalau strategi email marketing mereka ternyata belum mobile friendly, entah karena email marketing kategorinya nice too have dan bukan must have atau sekedar lalai saja. Apapun itu alasannya, pastikan email blast kalian itu mobile friendly.

Karena menurut survey yang dilakukan oleh email intelligence firm 250ok, sebanyak 40% melaporkan bahwa promotional email yang mereka terima tidak di design secara maksimal untuk mobile.

Responsive email?

Beberapa penyedia jasa email marketing, seperti Mailchimp memiliki fitur responsive email dalam koleksi templatenya, bahkan memaksimalkan user interface mereka untuk mobile user dengan meluncurkan mobile app mereka sendiri:

Responsive email secara layout dan jangan lupakan jenis font yang dipakai, ukurannya apakah semua bisa diterapkan dengan baik di mobile. Sebaiknya lakukan test email sebelum mengirimkan ribuan email ke target konsumen kalian.

Jangan Ketinggalan!

Sudah waktunya kita merubah mindset kita, walaupun trend digital ini berubah terus menerus dengan cepatnya (kalau kalian ingat, baru saja kita mulai merapihkan website kita menjadi mobile friendly, sekarang harus dirubah lagi menjadi mobile first?!), jangan sampai tertinggal, terutama apabila kalian bisa mendapatkan informasi terbaru melalui situs-situs berita digital marketing seperti Essentials ini.

Pastikan email marketing kalian tidak lagi sulit dibaca oleh target kalian, untuk dibuka saja sudah bagus, tapi kalau dibuka hasilnya seperti ini:

mobile friendly email

pasti banyak yang unsubscribe kan ….

Oleh: Tommy Fabianus, Digital Marketing Director Grab Essentials

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback
Tips Dasar Digital Marketing 2019 untuk Start Up! - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS
1 year ago

[…] Email Marketing Salah satu channel tertua ialah email, yang muncul pada tahun 1971. Dalam meraih pertumbuhan bisnis, email merupakan investasi terbaik yang bisa digunakan. (baca juga: Email marketing juga harus mobile-friendly?) […]

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x