Facebook Kebobolan Lagi dan Lagi, Cek Akun Kamu!

Masih ingat dengan skandal Cambridge Analytica yang disinyalir menggunakan data dan alogaritme Facebook untuk menggiring opini masyarakat mengenai masalah-masalah politik?

Getty Images

Sekarang Facebook didera oleh banyak masalah baru bertubi-tubi, mulai dari kebobolan data 50 juta pengguna yang berhasil di hack, tidak hanya data pengguna di Facebook tetapi juga aplikasi lain yang dimiliki oleh Facebook, seperti Instagram dan Whatsapp.  

Apabila Akun Facebook kamu tiba-tiba log out otomatis berarti kamu adalah salah satu dari akun yang dicurigai berhasil di hack dan data-data kamu mungkin sudah berada di tangan orang lain.

If you’ve been logged out of your account and asked to sign back in, it’s because we’ve discovered a security issue and are taking immediate action to protect people on Facebook. Learn more https://t.co/XLcHGYFBu2— Facebook (@facebook) September 28, 2018

Masalah ini tidak berhenti disini saja, menurut beberapa source, Facebook juga melakukan log out otomatis terhadap 40juta akun lain untuk berjaga-jaga. Dan apabila kita mau melihat lebih jauh banyak sekali aplikasi lain yang mungkin kalian gunakan yang melakukan login dengan akun Facebook dan belum diketahui apakah akun kamu yang lain tersebut berhasil diambil datanya oleh individu-individu yang tidak bertanggung jawab.

Dan….

yup tidak sampai disini saja guys, Facebook baru saja mengumumkan bahwa 6.8 juta foto pengguna Facebook bisa diakses oleh ratusan aplikasi di dalam Facebook, disebabkan oleh bug yang baru ditemukan oleh tim Facebook, lewat bug ini, aplikasi-aplikasi tersebut bisa mengakses foto-foto kamu, tidak hanya yang sudah dipublish, private, bahkan yang masih di draft ….  Walaupun hal ini terjadi hanya 12 hari, dari 13 September hingga 25 September 2018 lalu, tetapi mereka wajib melaporkan hal ini pada publik.

Image: Grab Essentials, Freepik

Melihat hal-hal di atas, pertanyaannya, apakah Facebook akan menjadi pilihan Social Media yang aman dan nyaman di tahun 2019, dan apakah kamu masih ingin menggunakan Facebook sebagai salah satu sosial media unggulan di tahun depan? 

Oleh Tommy Fabianus, Digital Marketing Director Grab Essentials

Share this:

2
Leave a Reply

Please Login to comment
2 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback
Apakah Sosial Media Mulai Menjadi Sumber Berita? - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS

[…] Facebook Kebobolan Lagi dan Lagi, Cek Akun Kamu! […]

trackback
Whatsapp sekarang tidak bisa untuk sebar hoax? - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS

[…] kecaman dengan terbongkarnya agency khusus yang memanfaatkan kebocoran data Facebook (baca juga: Data Facebook Bocor lagi?) dan alogaritme Facebook untuk menggiring opini masyarakat untuk agenda-agenda politik klien mereka […]