Block Artist Yang Kamu Benci di Spotify

Essentials.id – Sering tiba-tiba berhenti dari kegiatan asik kamu demi skip lagu dari musisi yang kamu benci?

pexels.com

Sekarang Spotify menghadirkan fitur block artist.

Fitur ini sebenernya sempat hampir diluncurkan pada tahun 2017, namun entah dengan alasan apa, Spotify membatalkan update fitur tersebut. (baca juga: Instagram Feed Dihapus di Update Terbaru!!)

Fitur block artist yang ditambahkan Spotify ini sebenarnya lebih ditujukan kepada pengguna di Amerika Serikat. Setelah documentary yang membeberkan kekerasan terhadap wanita yang dilakukan oleh R. Kelly, banyak masyarakat Amerika Serikat yang muak dengan artist tersebut dan tidak menginginkan playlist mereka dicemari oleh lagu-lagu dari R. Kelly. Bahkan sebuah gerakan terjadi akibat hal ini #muterkelly.

muterkelly.org

Spotify Ditekan Masyarakat, Solusinya Bijaksana

Dikarenakan hal tersebut di atas, banyak tekanan kuat dari user Spotify untuk mengeluarkan lagu-lagu R. Kelly dari aplikasi Spotify. Namun Spotify keluar dengan solusi yang bijaksana, yaitu menelurkan fitur “block” untuk user mereka dan user dapat memilih musisi mana yang mereka anggap tidak layak untuk mereka dengar dan mengeluarkannya dari playlist.

Keuntungannya Untuk User di Luar Amerika Serikat?

Artist yang kalian block tidak akan muncul pada playlist kalian bahkan pada channel radio di Spotify, sehingga kalian bisa menikmati playlist kalian dengan tenang tanpa gangguan musisi yang kalian benci. (baca juga: Instagram sekarang bisa filter komentar pedas!)

Saat ini, fitur block atau mute pada Spotify hanya terdapat pada device IOS dan sedang diujicobakan. Diharapkan dalam waktu dekat, fitur tersebut dapat di roll-out ke device-device lain, sehingga kalian, pengguna Spotify di Android bisa pada akhirnya menikmati fitur tersebut.

Oleh: Tommy Fabianus. Digital Marketing Director. Grab Essentials! & seoindonesia.co.id. Digital Agency & SEO specialist.

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of