Fungsi Google My Business

Mengenal Google My Business dan Fungsinya

Pelaku bisnis kini semakin mudah mempromosikan bisnis mereka ke publik. Hal ini didukung dengan teknologi dan fitur bisnis yang semakin canggih. Salah satunya adalah Google My Business atau GMB. Berikut akan dibahas lengkap mengenai fungsi Google My Business hingga cara setting-nya.

Pengertian Google My Business

Fitur ini sering juga disebut dengan nama Google Bisnisku atau GMB. Fitur ini diciptakan untuk membantu para pebisnis dalam menjalankan bisnis mereka. Fitur ini akan mengelola keberadaan bisnis secara online di Google. Termasuk pengelolaan hasil penelusuran mengenai bisnis tersebut serta pencarian di Google Maps.

Para pelaku bisnis bisa dengan mudah memperlihatkan keberadaan bisnis mereka secara online ke banyak orang. Bisnis tersebut juga semakin mudah untuk ditemukan dengan adanya fitur ini. Tidak bisa dipungkiri kalau fitur ini mempermudah para pebisnis untuk bertemu dengan konsumen atau klien mereka.

Para pebisnis hanya perlu melakukan verifikasi data bisnis yang mereka jalankan. Informasi tersebut kemudian dapat ditemukan dengan mudah oleh masyarakat lewat internet. Informasi yang didapatkan bisa mencakup nama bisnis, alamat, nomor telepon, jam operasional, website, foto lokasi, dan ulasan dari para konsumen.

Cara Setting Google My Business

Agar bisa menggunakan fasilitas dari fitur GMB ini, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Berikut adalah cara mendaftar dan setting Google My Business.

  1. Masuk ke website Google Bisnisku, lalu klik menu ‘Mulai Sekarang’ yang ada di bagian dashboard kanan atas.
  2. Masukkan nama bisnis Anda pada kolom yang sudah tersedia.
  3. Masukkan data alamat bisnis Anda secara lengkap (data ini akan dijadikan tujuan pengiriman PIN verifikasi dari GMB)
  4. Masukkan titik koordinat lokasi bisnis untuk Maps (agar bisnis Anda bisa muncul di Google Maps saat dilakukan pencarian)
  5. Pilih kategori bisnis sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan.
  6. Masukkan data kontak dan alamat website dari bisnis Anda (jika tidak ada website, ambil pilihan tidak punya website atau buat website baru).
  7. Anda akan masuk ke kolom pilihan untuk menerima tips dan rekomendasi dari GMB (silakan pilih Ya atau Tidak).
  8. Pilih cara verifikasi pengiriman PIN ke alamat yang sudah Anda masukkan sebelumnya.
  9. Jika sudah berhasil, langsung bukan Google My Bisnis dan masuk ke menu login untuk memeriksa akun bisnis Anda di Google.

Itulah tadi cara mudah mendaftar dan melakukan setting untuk GMB. Anda bisa melihat akun bisnis Anda melalui website maupun aplikasi GMB versi mobile. Lewat akun tersebut, Anda bisa memantau bisnis Anda. Anda juga bisa mengetahui ulasan, penilaian, serta popularitas dari bisnis yang Anda jalankan.

Fungsi Google My Business

GMB ini dinilai memiliki begitu banyak manfaat bagi para pebisnis. Kehadiran fitur ini disebut-sebut sangat menguntungkan dan membantu pelaku bisnis dalam mengembangkan usaha mereka. Berikut adalah beberapa fungsi dari GMB bagi pelaku bisnis maupun konsumen.

  1. Memunculkan Bisnis di Google Maps

    Jika Anda mendaftarkan bisnis ke GMB maka secara otomatis bisnis Anda akan muncul di Google Maps. Lokasi kantor, perusahaan, atau ruang bisnis yang Anda miliki bisa terdeteksi dan dicari melalui Google Maps. Ini tentu sangat memudahkan para konsumen untuk datang ke lokasi Anda berada. 
    Fasilitas ini sangatlah penting bagi Anda yang memiliki bisnis di lokasi kurang strategis. Meskipun lokasinya mungkin kurang strategis namun berkat bantuan Google Maps para konsumen bisa menemukannya dengan mudah dan cepat.

  2. Menyediakan Informasi Lengkap

    GMB akan menyediakan informasi lengkap mengenai bisnis yang Anda jalankan. Manfaat ini bukan hanya bisa dinikmati oleh para pelaku bisnis namun juga para konsumen. Sebelum membeli, tentu para konsumen ingin melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan kualitas.
    Lewat GMB, semua informasi bisnis bisa ditemukan dengan mudah. Cukup dengan memasukkan nama bisnis di kolom pencarian, informasi tersebut sudah bisa didapatkan. 

  3. Menyebarkan Informasi Bisnis

    Pelaku bisnis tidak perlu bersusah payah menjelaskan kepada calon konsumen mereka. Semuanya sudah bisa diakses secara cepat lewat Google. Anda hanya perlu melakukan verifikasi data agar semua data bisnis bisa ditampilkan dan diakses oleh siapa saja.

  4. Memudahkan Konsumen

    Data yang disediakan oleh GMB jelas akan sangat memudahkan para konsumen. Jika Anda adalah konsumen, bukankah lebih mudah menentukan pilihan setelah mendapat informasi yang lengkap? Anda juga bisa tahu dimana lokasi bisnis, apa saja yang ditawarkan, jam operasional, dan lain sebagainya. 

  5. Memberikan Ruang Ulasan

    GMB tidak hanya menyediakan data bisnis namun juga ruang bagi konsumen untuk memberikan ulasan. Konsumen yang sudah menggunakan jasa atau membeli produk bisa memberi ulasan mereka di sana. Hal ini mempermudah pelaku bisnis mendapat penilaian dan calon konsumen juga lebih mudah mendapat rekomendasi.

  6. Menjadi Media Berkomunikasi

    Pelaku bisnis dan konsumen bisa menjalin komunikasi melalui fitur GMB. Setelah konsumen memberikan ulasan, pelaku bisnis bisa memberi tanggapan. Komunikasi antara pelaku bisnis dan konsumen sangatlah penting karena bisa menjadi acuan untuk mengembangkan bisnis tersebut.

  7. Acuan untuk Analisis Konsumen

    Data-data yang ada di GMB bisa menjadi acuan bagi pelaku bisnis dalam melakukan analisis konsumen. Melalui GMB, konsumen juga akan memberikan rating untuk bisnis tersebut. Data ini bisa dilihat langsung oleh pelaku bisnis untuk menilai apakah bisnisnya sudah berjalan baik atau perlu ada perbaikan lagi.

Kenapa Kita Harus Mempunyai Google My Business

Mengapa fitur GMB ini begitu direkomendasikan untuk para pelaku usaha? Berikut adalah beberapa alasan mengapa pelaku bisnis harus mempunyai Google My Bisnis.

  1. Mempermudah Calon Klien

Penggunaan fitur Google My Bisnis ini jelas-jelas akan memberikan kemudahan bagi para calon klien. Mereka bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai bisnis yang Anda jalankan. Data-data penting mengenai bisnis Anda bisa diakses dengan mudah dalam satu kali pencarian.

Calon klien bisa menemukan lokasi bisnis Anda dengan mudah karena adanya informasi lokasi yang bisa diakses lewat Google Maps. Selain itu, calon klien juga bisa mendapat informasi jam operasional dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Mereka juga bisa dengan mudah membaca ulasan dari konsumen sebelumnya.

  1. Bisa Menjalin Komunikasi

Anda akan mendapat kemudahan menjalin komunikasi dengan klien atau konsumen Anda. Hal ini sangat penting untuk dilakukan demi kemajuan bisnis yang Anda jalankan. Menjaga komunikasi dengan klien tetap lancar menjadi salah satu kunci sukses karena Anda bisa terus memenuhi harapan para klien.

Tak hanya bagi pelaku bisnis, komunikasi ini juga dibutuhkan oleh konsumen. Mereka perlu sarana yang bisa digunakan untuk menyampaikan kritik, saran, dan lain sebagainya kepada pelaku usaha.

  1. Bisa Mendapat Penilaian

Lewat GMB Anda bisa mendapatkan penilaian mengenai bisnis yang Anda jalankan. Para konsumen akan memberikan ulasan serta penilaian dalam bentuk bintang. Ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi Anda sebagai pelaku usaha.

Selain itu konsumen lain juga bisa dengan mudah mendapat rekomendasi lewat ulasan-ulasan tersebut. Seperti kita tahu, saat akan membeli produk atau menggunakan jasa kita pasti mencari ulasannya terlebih dahulu. Fitur GMB ini tentu akan mempersingkat waktu menemukan penyedia jasa atau barang yang tepat.

  1. Memudahkan Analisis Bisnis

Semua pelaku usaha tentu ingin usaha yang mereka jalankan bisa terus berkembang dan semakin besar. Agar bisa mewujudkannya maka para pelaku usaha perlu melakukan analisis sehingga bisa memperbaiki apa yang kurang dari mereka. Fitur GMB akan memudahkan semua pelaku usaha untuk melakukan hal ini.

Analisis usaha bisa dilakukan berdasarkan hasil yang diperoleh dari GMB. Anda bisa mengetahui seberapa banyak orang yang mencari dan tertarik dengan usaha Anda. Selain itu Anda juga bisa melakukan perbaikan lewat hasil ulasan yang diberikan para klien atau konsumen.

  1. Bisa Diakses secara Mobile

GMB sangat cocok untuk digunakan oleh para pebisnis karena bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Anda bahkan bisa memanfaatkan aplikasi mobile GMB yang dapat diakses melalui smartphone. Ini tentu mempermudah pelaku usaha dalam memeriksa bisnis mereka sekaligus melakukan analisis.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai Google My Business serta cara pendaftaran atau setting yang bisa Anda lakukan. Ikuti Artikel Menarik lainya dari kami Essentials. Mengingat bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari fitur ini, maka jangan ragu untuk segera mendaftarkan bisnis Anda.

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x