Google Ads atau SEO

Essentials.id – Kalian ingin website kalian berada halaman pertama Google?

Untuk yang belum mengenal Google Ads dan SEO dan apa keuntungannya untuk kalian, bayangkan kalau kalian menjual tahu bulat dengan merk dan domain tabul.co.id. Sekarang bayangkan kalau calon customer Anda setiap harinya mencari produk Anda di Google dengan memasukkan kata kunci “jual tahu bulat lembut di Jakarta”. Bayangkan sekali lagi kalau di halaman pertama Google, website Anda tercantum disana dan website saingan kalian ada di halaman belakang, tentu saja semua pelanggan akan membeli di website kalian. Ini adalah fungsi Google Ads (iklan Google) dan SEO.

Jadi apa perbedaan antara Google Ads dengan SEO?

Menurut salah satu agency SEO professional di Jakarta, Google Ads adalah iklan berbayar yang akan menempatkan iklan kalian di tempat paling strategis di pencarian Google (halaman 1 dan 2 di posisi teratas dan terbawah halaman).

Sedangkan SEO adalah proses berkesinambungan yang dilakukan kepada website kalian agar website kalian berada di halaman pertama Google secara organik (tidak berbayar). Dengan cara menyesuaikan website kalian dengan alogaritme yang ditentukan Google.

Manakah yang harus kita pilih, SEO atau Google Ads?

Augurian.com

SEO dan Google Ads seharusnya saling melengkapi dan tidak berdiri sendiri.

Google Ads yang bersifat instan, efektif digunakan untuk campaign jangka pendek dan juga untuk mengisi kekosongan selama proses SEO sedang berjalan. SEO memiliki proses yang lebih lama untuk mencapai posisi pertama Google, namun ketika kita sudah mencapai posisi pertama, kita hanya perlu melakukan maintenance secara terus menerus dengan biaya yang tetap. (Baca juga: Top 6 SEO Tips 2019)

Sedangkan Google Ads memiliki biaya yang akan terus meningkat setiap tahun bahkan setiap bulannya, karena Google Ads menerapkan sistem bidding (lelang) pada biaya iklannya, sehingga apabila competitor kalian menaikkan nilai bidding, otomatis biaya iklan kalian akan naik secara signifikan.

Jadi bagaimanakah strategi SEO dan Google Ads yang paling tepat?

Jalankan campaign Google Ads dan secara paralel jalankan proses SEO.
Setelah traffic didapatkan secara organik lewat SEO, turunkan budget Google Ads kalian secara bertahap. Setelah semua kata kunci utama kalian berhasil berada di halaman pertama karena SEO, pindahkan budget iklan kalian pada kata kunci baru, dan ulangi semua proses di atas kembali.

Dengan demikian biaya iklan kalian tidak akan membengkak dan kalian memiliki perkiraan biaya marketing yang relatif stabil setiap semester.

Pastikan kalian menggunakan agency yang tepat untuk mengatur campaign iklan Google dan SEO kalian dan pastikan untuk menggunakan 1 agency yang sama agar tidak terjadi kebingungan di kemudian hari.

(Baca juga: Cara memilih SEO Agency yang terbaik)

Background vector created by vectorpouch – www.freepik.com

Ditulis oleh Tommy Fabianus. Digital Marketing Director Grab Essentials! & seoindonesia.co.id

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of