Instagram Akan Menyembunyikan Konten Bunuh Diri

Essentials.id – Pada tahun 2017, Molly Russel, 14 tahun, mengakhiri hidupnya sendiri.

Mirror UK

Keluarga Molly menemukan bahwa sebelum mengakhiri hidupnya, Molly melihat banyak post mengenai “cara melukai diri sendiri” atau “cara bunuh diri” di platform Instagram.

Dan hal ini lah yang membuat ayah dari remaja ini memberikan pernyataan keras bahwa Instagram membantu anaknya bunuh diri.

Instagram melihat pentingnya hal tersebut dan dengan segera melakukan tindakan cepat.

Instagram pada dasarnya tidak melarang post-post mengenai bunuh diri atau mengenai cara-cara menyakiti diri sendiri, karena banyak dari post-post tersebut yang secara positif menggambarkan masa lalu kelam seseorang dan bagaimana perjuangan mereka menghadapi hal tersebut dan menjadi pemenang pada akhirnya.

Namun memang tidak dapat dipungkiri banyak pula gambar-gambar kekerasan yang tidak memiliki konteks yang baik, dan selama ini Instagram bergantung kepada “user report” untuk melaporkan gambar-gambar tersebut.

Baca Juga: Instagram sekarang bisa filter komentar pedas

Oleh karena berita mengenai Molly, Instagram menyatakan bahwa mereka dalam waktu dekat akan menghapus semua gambar mengenai bunuh diri dan gambar-gambar sejenis dari Instagram, serta menghapus hashtag yang terkait dengannya, dengan harapan dapat memperlambat proses penyebaran post-post tersebut.

Photo by Kat Jayne. Pexels

Dikutip dari Kompas.com, sebuah tim yang terdiri dari ahli analisa konten akan diperbantukan untuk menghapus konten-konten sensitif tersebut. Dan tidak dijelaskan apakah nantinya AI akan turut diaplikasikan untuk mempercepat proses tersebut. Dikatakan bahwa Facebook sebagai induk perusahaan dari Instagram telah memiliki teknologi tersebut dan sepertinya tinggal menunggu waktu untuk mengaplikasikannya ke Instagram.

Instagram dalam “press release” mereka pada tanggal 7 Februari 2019 menekankan kembali posisi mereka terhadap bunuh diri dan tindakan mereka untuk mencegahnya (Baca press release Instagram secara lengkap disini), serta mereka akan menerapkan sensor screen di atas gambar-gambar yang berhubungan dengan bunuh diri sebagai langkah awal sebelum mereka mulai menghapus semua konten tersebut.

Bunuh diri pada remaja dan anak dibawah umur adalah hal yang sangat menyedihkan dan merupakan masalah yang sangat serius untuk diselesaikan. Dan kami, tim Essentials.id sangat mendorong peran serta orang tua untuk selalu dekat secara emosional dengan anak-anak yang mereka cintai.

Untuk kalian yang memiliki beban berat, kesedihan yang mendalam, dan mempertimbangkan untuk mengakhiri hidup kalian, ada teman-teman yang dapat membantu, salah satunya dari saveyourselves.id

Suicide Prevention Hotline

Oleh Tommy Fabianus. Digital Marketing Director Grab Essentials! & seoindonesia.co.id

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of