Instagram Jiplak Pinterest?

Essentials.id – Instagram/Facebook memang punya hobi jiplak kesana kemari. Dan kali ini yang jadi korban Pinterest.

Baca juga: WeChat Meniru Fitur Instastory?

Setelah proposal Facebook untuk membeli Snapchat di tolak mentah-mentah, perusahaan Zuckerberg ini dengan santainya menjiplak semua fitur Snapchat. Setelah kejadian ini, Snapchat mengalami stagnansi dalam hal growth. Apakah hal ini akan berulang kembali dengan Pinterest?

Pinterest saat ini memiliki 1/4 market Instagram yang memiliki 500 juta users aktif per harinya. Aplikasi Pinterest pun saat ini sedang berencana untuk go-public, tentu saja kabar ini akan membuat petinggi Pinterest resah.

Jadi apa yang dijiplak Instagram dari Pinterest?

Saat ini Instagram sudah memiliki fitur collection, dimana users dapat menemukan post yang mereka suka dan menyimpannya sebagai koleksi pribadi. Instagram berencana membuat fitur collection ini public, dimana setiap user dapat membuat koleksi baru dan menempatkan post-post favorit mereka dalam collection mereka. Collection ini dapat di akses public dalam explore page.

Kedengaran familiar?

Yup, fitur di atas pada dasarnya adalah fitur utama Pinterest, tetapi instead of “pins”, bentuknya berubah menjadi post.

Dan melihat pengembangan Instagram menuju marketplace, tidaklah heran kalau nantinya fitur ini akan menuju kesana.

Namun perlu dicatat kalau fitur “collection” ini merupakan bocoran dari Jane Wong, specialist reverse engineering yang membocorkan hal ini kepada Tech Crunch. Pihak Instagram tidak menyangkal hal ini, namun menyatakan bahwa fitur ini baru masuk dalam proses tes internal. Walapun demikian, Jane Wong berhasil mendapatkan screenshot fitur tersebut.

Jane Wong for TechCrunch

Fitur ini belum dipastikan akan muncul di Instagram nantinya, namun melihat cara kerja Facebook (seperti kancil yang suka …) dan rencana besar Mark Zuckerberg untuk menjadikan platform Instagram menjadi platform commerce, rasanya fitur ini akan menjadi bagian vital dari perkembangan keseluruhan platform Instagram.

Untuk kalian yang memang bergerak di B2C, Instagram adalah platform yang wajib kalian miliki dan kembangkan. Ikuti semua perkembangannya, karena kalau memang fitur commerce pada Instagram sudah berjalan mulus, Instagram akan menjadi platform serba bisa dengan ratusan juta pengguna setiap harinya.

Baca juga: Integrasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook Menjadi Satu?

Ditulis oleh Tommy Fabianus. Digital Marketing Director Grab Essentials! & SEOindonesia.co.id.

Source: Tech Crunch & Digital Trends

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of