Integrasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook Menjadi Satu?

Essentials.id – Mark Zuckerberg, CEO Facebook, menyatakan keinginannya untuk melakukan integrasi layanan tiga produk mereka, Whatsapp, Facebook dan Instagram.

FB Newsroom

Tetapi kalian jangan khawatir, masing-masing aplikasi akan tetap tetap berdiri sendiri. Hanya fungsi pesan atau message saja yang akan diintegrasikan, jadi nanti pesan kalian dapat dikirimkan cross platform di antara ketiga aplikasi di atas.

Kami sudah meramalkan mengenai masa depan social media yang nantinya akan menjadi powerful platform multi fungsi, namun kami tidak menyangka hari itu akan datang lebih cepat. (baca juga: “WeChat Meniru Fitur Instastory?”

future of social media

Integrasi ini nantinya akan mengijinkan pemilik akun Facebook mengirimkan pesan kepada pemilik akun Whatsapp yang belum tentu memiliki akun Facebook. Pengerjaan integrasi ini sedang dalam proses dan diharapkan untuk selesai pada akhir tahun 2019 atau awal 2020.

Untungnya Integrasi Ini Untuk Facebook

Facebook selama ini mengalami kesulitan untuk mengintegrasikan data dan fitur ketiga aplikasi ini. Walaupun memiliki fitur stories misalnya, namun performa diantara ketiga aplikasi ini berbeda-beda dan menyulitkan Facebook untuk melakukan peningkatan performa ketiganya dengan strategi yang sama. Apalagi apabila kita telaah dengan sungguh-sungguh, sebenarnya ketiga aplikasi ini bersaing satu sama lainnya.

FB Newsroom

Dengan integrasi data antar platform yang pasti Facebook memiliki database konsumen yang lebih luas yang dapat dijual kembali untuk menaikkan pundi-pundi iklan mereka, asalkan pihak Facebook mampu mengurangi kebocoran data mereka yang menjadi headline berkali-kali di beberapa tahun belakangan ini. (baca juga: Facebook Kebobolan Lagi dan Lagi, Cek Akun Kamu!)

oleh Tommy F. Digital Marketing Director Grab Essentials! & seoindonesia.co.id . Digital Agency based in Jakarta, Indonesia.

Share this:

1
Leave a Reply

Please Login to comment
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback
Whatsapp Sekarang Aman untuk Pelakor & Pebinor - Essentials.id

[…] Integrasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook Menjadi Satu? […]