Cara Memilih Jasa SEO Agency Terbaik

Essentials.id – SEO (Search Engine Optimization) adalah usaha untuk menempatkan website Anda dengan kata kunci yang berhubungan dengan bisnis atau digital marketing campaign kalian di halaman pertama mesin pencari ( Google merupakan salah satu aplikasi utama mesin pencari/search engine).

Sifat Google yang organik dan selalu melakukan update pada alogaritme, menyebabkan proses SEO merupakan proses berkesinambungan yang dapat menjatuhkan website kalian ketika terjadi perubahan alogaritme. Disinilah peran agency SEO diperlukan.

Memilih Agency SEO Tidak Mudah

Namun apabila kita ingin jujur kepada diri kita sendiri, memilih agency SEO yang terpercaya dan profesional itu tidak mudah. Pertama-tama dikarenakan kurang pahamnya banyak pemilik usaha terhadap pekerjaan dibelakang layar para SEO specialists dan ROI atau hasil yang diharapkan dari proses SEO ini sendiri.

Dan selain itu, jasa “SEO specialists” mulai menjamur dengan kualitas yang bisa dipertanyakan. Karena sifat proses SEO yang “abu-abu”, banyak oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan pemilik bisnis tentang SEO untuk mendapatkan uang cepat.

Jangan Khawatir!

Pada post kali ini kami akan memberikan panduan kriteria yang harus dimiliki oleh SEO agency yang profesional dan dapat dipercaya.

  • Agency SEO yang Profesional Melakukan pre-SEO Analysis

Sebelum melakukan proses SEO, wajib dilakukan pre-SEO Analysis untuk mengetahui kondisi website. Dengan mengetahui kondisi website sebelum proses SEO dilakukan, agency SEO akan dapat dengan cepat menemukan masalah-masalah yang dapat diselesaikan dan di optimasi.

  • Agency SEO yang Profesional Tidak Memberikan Garansi Halaman Satu

Walaupun terdengar kontradiktif, namun agency SEO yang profesional tidak akan pernah memberikan garansi halaman satu. Posisi halaman satu bisa didapatkan dengan proses yang panjang dan dilakukan secara terus menerus.

Perubahan alogaritme Google dapat menjatuhkan ranking website kalian tanpa terduga, dan tugas agency SEO adalah terus mempelajari alogaritme baru Google dan beradaptasi dengan cepat.

Agency SEO yang memberikan garansi halaman satu dalam waktu cepat pada umumnya menggunakan metode yang tidak sejalan dengan aturan Google dan dapat mengakibatkan website kalian dikeluarkan dari pencarian Google.

  • Agency SEO yang Profesional Memberikan Konsultasi Mengenai Optimasi On-Site

Proses SEO yang baik harus dilakukan on-site dan off-site. On-site disini berhubungan dengan perbaikan yang dilakukan di website kalian. Tanpa proses optimasi on-site, proses SEO akan berjalan lebih lambat dan peringkat website kalian akan lebih mudah jatuh. Anggap saja on-site SEO sebagai pondasi SEO kalian. Proses off-site yang baik tetap akan beresiko tanpa memiliki pondasi on-site yang baik.

  • Agency SEO yang Profesional Memberikan in-depth Report

Tidak cukup apabila setiap bulannya, agency SEO hanya mengirimkan peningkatan ranking pada Google. In-depth report yang dikirimkan, paling tidak harus berisikan snippet dari aplikasi analytics yang dapat memberikan gambaran asal dan jumlah traffic, device yang digunakan, demographic dan lain sebagainya. (baca juga: Report Analytics dengan Mudah Menggunakan Google Data Studio)

Dengan mengirimkan report yang hanya berisikan posisi ranking website, sebenarnya agency SEO membahayakan posisinya di mata klien. Sebagai contohnya, terkadang walaupun ranking website kalian tidak berubah secara signifikan, namun traffic dapat saja ditingkatkan lewat proses SEO yang dilakukan.

Demikian beberapa kriteria yang dapat membantu kalian ketika mencari agency SEO yang tepat untuk bisnis atau kampanye digital marketing kalian. Pastikan kalian membagikan post ini kepada rekan kalian yang membutuhkan.

Sumber: seoindonesia.co.id

Ditulis oleh: Tommy Fabianus. Digital Marketing Director Grab Essentials!

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of