Jatuhnya iPhone di tahun 2019

Essentials.id – Membuka tahun 2019 ini, Apple didera banyak masalah, di jab dan di hook dari berbagai sisi.

Tekanan terbesar didapatkan dari salah satu produk Apple yaitu iPhone. CEO Apple, Tim Cook, dalam wawancara beberapa hari lalu memberikan perkiraan penurunan pendapatan hingga USD 9 Miliyar di tahun 2019 ini dikarenakan penjualan iPhone yang menurun.

apple.com

Saat ini iPhone mengalami beberapa ganjalan diantaranya ganjalan terbesar yang dihadapi adalah saat ini iPhone belum dapat memaksimalkan penjualan mereka di China, dikarenakan persaingan yang ketat dari brand lokal China seperti Huawei, Oneplus, Oppo, dan lain sebagainya, dimana mereka memberikan inovasi-inovasi baru dengan harga yang terjangkau. Handphone tanpa notch, sliding front camera, dual display dan lain sebagainya menjadi tawaran yang lebih menarik untuk konsumen daripada iPhone yang minim inovasi di sisi hardware.

Di Asia Tenggara dan India yang notabene merupakan market penjualan smartphone terbesar selanjutnya, harga iPhone sudah melewati batas premium, terutama di India dimana harga iPhone lebih mahal dari harga rata-rata.

Tantangan dari local market iPhone di Amerika sendiri adalah sebagian besar iPhone user di Amerika merasa tidak perlu mengganti unit iPhone mereka dengan unit baru karena sekali lagi tidak ada inovasi baru yang dirasakan cukup menjadi alasan untuk upgrade ke unit yang lebih baru. Mereka lebih tertarik untuk bertahan pada unit lamanya yang memiliki earphone jack, home button yang setelah upgrade firmware terbaru memiliki performa yang lebih baik. Tim Cook juga menyalahkan program penggantian baterai yang diluncurkan Apple, membuat user tidak tertarik untuk mengganti iPhone mereka dengan iPhone terlawas.

source: apple.com

Tidak berhenti sampai disini, perselisihan Apple dengan Qualcomm mengenai pelanggaran copyright yang dilakukan Apple, membuat penjualan iPhone di Jerman dihentikan sementara. Qualcomm sedang mengajukan tuntutan yang sama di negara China dan Amerika Serikat.

Dengan semua hal tersebut di atas yang datang bertubi-tubi, saham Apple sempat turun sebesar 9% dan diperkirakan dapat jatuh lebih banyak lagi bila Apple tidak melakukan sesuatu mengenai hal ini.

Bagaimana dengan kalian? Apakah kalian pecinta Apple atau Android? Apa menurut kalian harga iPhone yang baru masih masuk akal? Apa kekurangan Android dibanding iPhone dan sebaliknya?

oleh: Tommy Fabianus. Digital Marketing Director Grab Essentials! & seoindonesia.co.id

Share this:

Leave a Reply