Keuntungan Dan Manfaat Digital Marketing Yang Bisa Didapat

Dijaman serba digital seperti sekarang ini mengetahui tentang apa sajakah keuntungan dan manfaat digital marketing merupakan sebuah kewajiban. Hal ini karena nantinya akan berimbas pada progress dari bisnis yang dijalankan. Lalu apa sajakah Keuntungan Dan Manfaat Digital Marketing Yang Bisa Didapat yang harus diperhatikan? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Pentingnya Pemasaran Dalam Kemajuan Bisnis

Dunia  bisnis yang terjadi sejak dulu mungkin hanya dikenal dan bisa dijalani oleh mereka yang memiliki modal yang besar saja. Namun  berbeda dengan sekarang ini di mana siapa saja bisa dengan mudah untuk melakukan bisnis mengingat era  digital yang didominasi oleh kecanggihan teknologi serta internet membuat segalanya menjadi semakin mudah.

Hal ini turut mempengaruhi  kemudahan dan kepraktisan dalam melakukan proses promosi atau pemasaran dalam dunia bisnis itu yang bersifat komersial maupun nonkomersial. Tidak bisa dipungkiri bahwa sudah menjadi sebuah kewajiban bahwa setiap orang yang terjun dalam dunia bisnis, wajib mengetahui tentang keuntungan dan manfaat digital marketing. Hal ini karena bagaimanapun juga suatu bisnis bisa berjalan dengan baik dan lancar jika didukung dengan strategi marketing yang tepat.

Dulu mungkin orang hanya akan mengandalkan promosi offline yang mana pastinya membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit. Namun berbeda dengan sekarang dimana proses promosi atau marketing bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan praktis yaitu marketing secara online. Digital marketing atau promosi online memang diklaim lebih efektif karena mampu menyingkat waktu, tenaga dan juga biaya sehingga tak heran jika banyak yang mulai menekuni metode yang satu ini.

Apalagi tidak bisa dipungkiri bahwa keuntungan dan manfaat digital marketing menjadi daya tarik tersendiri karena memang mempermudah dan mempersingkat banyak hal. Dengan memanfaatkan dunia digital, maka akan ada banyak hal yang terpangkas. Dengan banyaknya aktivitas dan kebutuhan yang dipangkas maka itu artinya semakin banyak pula keuntungan dan manfaat yang didapatkan.

Mengenal Tentang Apa Itu Digital Marketing

Mungkin dulu masyarakat familiar dengan metode promosi yang serba manual, misalnya saja menyebar brosur atau pamflet, memasang poster dan lain sebagainya. Namun hal tersebut dirasa kurang efektif jika dilihat dari banyak faktor.

  • Segi Tenaga

Dari segi waktu, tentu butuh banyak tenaga dan karyawan untuk membantu menyebar brosur ke jalanan atau tempat – tempat lain.

  • Segi Waktu

Untuk segi waktu juga sangat tidak efektif karena menyebarkan brosur, pamflet dan semacamnya tentu perlu survey lokasi dan juga proses penyebaran promosi sehingga butuh waktu yang tidaklah sedikit.

  • Segi Biaya

Dalam hal biaya, promosi offline juga butuh biaya yang tidaklah sedikit. Biaya untuk mencetak brosur, biaya transport untuk karyawan yang bertugas menyebar brosur serta biaya – biaya lainnya.

Dari ketiga alasan diatas rasanya sangatlah jelas jika keuntungan dan manfaat digital marketing merupakan alasan yang tepat mengapa harus menerapkan digital marketing semaksimal mungkin.

Mengenai makna dari digital marketing sendiri adalah sebuah strategi marketing yang dilakukan secara online yaitu memanfaatkan kecanggihan teknologi serta internet. Tentunya dengan memanfaatkan kedua hal diatas, proses marketing menjadi semakin mudah dan praktis.

Proses marketing yang dilakukan secara online bisa melalui banyak media seperti sosial media, youtube, blog, website dan masih banyak lagi. Keuntungan dan manfaat digital marketing sangatlah besar karena hanya dengan satu cara saja maka bisa menjangkau banyak audience sehingga peluang untuk dikenal banyak orang tentunya juga lebih besar.

Manfaat Menerapkan Digital Marketing?

Sebenarnya para generasi milenial tak dijelaskanpun tentu sudah tahu tentang apa saja keuntungan dan manfaat digital marketing yang didapatkan. Namun mungkin masih ada sebagian kalangan masyarakat yang belum begitu memahami tentang apa itu digital marketing  serta apa sajakah keuntungan dan manfaat digital marketing yang didapatkan.

Namun berikut ini akan dijelaskan tentang beberapa keuntungan dan kelebihan menggunakan atau menerapkan digital marketing.

  • Proses Lebih Mudah dan Praktis

Dengan memanfaatkan digital marketing, maka proses promosi menjadi semakin mudah dan praktis. Bahkan tanpa harus keluar rumah sekalian proses promosi bisa dilakukan yaitu dengan memaksimalkan teknologi dan internet serta memanfaatkan media online.

  • Menekan Biaya

Ketika menerapkan digital marketing juga mampu menekan banyak biaya. Biaya karyawan bisa dipangkas karena kadangkala proses promosi bisa anda lakukan sendiri. Selain itu, promosi online tak butuh biaya cetak brosur atau semacamnya karena promosi bisa dilakukan menggunakan media online.

  • Efektif Waktu dan Tenaga

Tak perlu membuang banyak waktu dan tenaga karena cukup bermodalkan teknologi dan internet saja maka anda bisa dengan mudah melakukan promosi online tersebut dimanapun dan kapanpun. Bahkan tanpa harus keluar rumah sekalipun.

  • Jangkauan Audience Lebih Luas

Keuntungan dan keunggulan digital marketing yang terakhir adalah dimana mampu menjangkau audience atau calon customer yang lebih luas. Bisa menjangkau luar kota, luar pulau atau bahkan luar negeri. Hal ini artinya semakin besar pula peluang anda untuk mendapatkan keuntungan.

Dengan sederet keunggulan yang ditawarkan di atas, rasanya tak mengherankan jika saat ini semakin banyak pula orang yang berminat dan memanfaatkan digital marketing ini.

Contoh Digital Marketing yang Sedang Trend Di Tahun 2020

Sebenarnya untuk masalah digital marketing sendiri sangatlah banyak. Namun ada beberapa jenis digital marketing yang belakangan ini sedang trend, antara lain :

  • Sosial Media

Sosial media menjadi salah satu media online yang kini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Mulanya sosial media adalah media untuk bersosialisasi, menjaring lingkaran sosial yang lebih luas. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kini sosial media sudah mencakup banyak hal.

Tak hanya sebatas sosial media saja karena kini sosmed juga banyak dimanfaatkan untuk tempat berjualan dan berbisnis. Hal ini wajar mengingat sebagian besar masyarakat menghabiskan sepersekian persen waktunya untuk mengakses sosial media sehingga promosi melalui sosmed ini dirasa cukup efektif untuk menjaring audience dan konsumen.

  • Story

Beberapa sosial media kini akrab dengan fitur story dimana bisa memposting foto atau video yang bisa ditambahkan caption. Hal ini menjadi langkah yang tepat untuk mempromosikan suatu produk atau jasa. Apalagi jika anda menggunakan jasa influencer atau artis, tentunya ada banyak followers yang selalu merasa penasaran dengan apa saja yang diposting pada story artis atau influencer favoritnya sehingga peluang untuk dilihat orang tentu semakin besar.

Hal inilah yang menjadi salah satu dasar dan alasan mengapa bisa dikategorikan sebagai keuntungan dan manfaat digital marketing.

  • Konten

Selain melalui sosial media, para influencer dan artis aktif dengan berbagai konten kreatif baik itu yang diposting via akun sosmed maupun kanal youtubenya. Sehingga melalui konten inilah maka bisa disisipkan promosi agar bisa menjaring calon konsumen yang lebih banyak.

  • Influencer
Vlogger streaming a live video live at a train platform

Keuntungan dan manfaat digital marketing selanjutnya bisa didapatkan melalui jasa influencer. Contohnya adalah dengan menggunakan selebgram atau public figure yang populer di instagram. Cara ini diklaim efektif dalam memperoleh keuntungan yang lebih besar.

  • Website

Berikutnya adalah website. Sebenarnya bisa saja anda memanfaatkan blog yang kebanyakan gratis. Namun agar terkesan lebih profesional, maka anda bisa memanfaatkan website. Website juga banyak digunakan oleh brand maupun public figure yang ingin memiliki kantor official online.

Sebenarnya masih banyak yang bisa dilakukan dan dimanfaatkan melalui media online, namun beberapa yang telah dicontohkan diatas merupakan yang paling populer dan sering digunakan di tahun 2020 ini. Dengan keuntungan dan manfaat digital marketing diatas semoga bisa membukakan mata anda bahwa dunia digital bisa menjadi langkah dan media yang tepat untuk memperoleh keuntungan dan peluang yang lebih besar.

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x