Youtube Ternyata Biang Kerok Berkembangnya Teori Bumi Datar

Essentials.id – Manusia bumi datar adalah istilah yang diberikan kepada orang-orang yang percaya kalau bumi ini datar, bukan bulat seperti yang kita tahu selama ini.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh beberapa peneliti yang hadir di perhimpunan tahunan para penganut manusia datar, sebagian besar mereka yang hadir, berubah haluan menjadi penganut manusia bumi datar setelah melihat video di Youtube.

teori bumi datar
pexels

Wawancara yang dilakukan kepada 30 peserta yang hadir mengkonfirmasi hal tersebut, dimana 29 dari 30 peserta tahu mengenai teori ini dan menjadi percaya setelah Youtube merekomendasikan video teori konspirasi bumi datar. Dan satu peserta lainnya merupakan keluarga dari penganut teori bumi datar yang setelah ditanyakan lebih lanjut juga ternyata mendapatkan informasi mereka dari Youtube.

(Baca juga: Sosial Media Sekarang Sudah Menjadi Sumber Berita)

Banyak dari perserta tersebut yang ingin mematahkan teori bumi datar, justru menjadi salah satu yang percaya akibat video di bawah ini: (penulis tidak bertanggung jawab apabila ada dari pembaca yang akhirnya turut menjadi penganut teori bumi datar)

Tentu saja kita tidak bisa menimpakan kesalahan sepenuhnya kepada Youtube sebagai penyedia platform media. Salah satu peneliti yang memaparkan hasil penelitiannya pada rapat tahunan American Association for the Advancement of Science di Washington DC, Ashley Landrum, menekankan perlunya keseimbangan informasi pada platform Youtube. Youtube bisa saja mengubah alogaritme nya untuk mengurangi munculnya teori-teroti yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. Dari sisi ilmuwan pun diharapkan agar banyak memberikan konten tandingan agar terjadi keseimbangan di dalam platform tersebut.

Berkempang pesatnya dunia digital menyebabkan terjadinya banjir informasi dari segala arah. Sosial media, sebagai tempat berbagi, menjadi tempat yang paling tepat untuk menyuarakan pendapat pribadi ataupun golongan.

pixabay

Kita sebagai bagian dari komunitas intelektual wajib lebih banyak melakukan check & re-check terhadap semua informasi yang dilemparkan kepada khalayak umum. Jangan melemparkan tanggung jawab kepada penyedia platform semata, melainkan melakukan tindakan pro-active untuk menyediakan konten-konten tandingan agar terjadi keseimbangan informasi.

Apa yang ada di internet tidak melulu fakta.

Oleh penulis Essentials. Disarikan dari The Guardian

Share this:

1
Leave a Reply

Please Login to comment
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback
Berkembangnya Teori Bumi Datar Ternyata Biangkeroknya 'Youtube' | Engkasi News

[…] Source : essentials.id […]