Mobil Bawah Tanah? Solusi Elon Musk untuk Kemacetan

Essentials.id – Siapa yang tidak kenal dengan Elon Musk? Entrepreneur dan visioner, Iron Man di dunia nyata! Dengan impiannya menguasai dunia otomotif dengan mobil listriknya Tesla, menciptakan dunia yang lebih baik dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil; kemudian dengan impiannya untuk menjadi manusia yang pertama mendarat di Mars, Elon Musk merevolusi roket dengan perusahaannya Space-X, menggantikan roket konservatif dengan roket yang dapat dipakai ulang.

Kali ini Elon Musk ingin menyelesaikan masalah yang dekat dengan masalah kita semua, kemacetan!

Memperkenalkan The Boring Company, unik yah namanya, sebenarnya kata Boring berasal dari kata Bore yang artinya menggali lubang, tetapi sengaja di “plesetkan”. Cara mereka melakukan marketing juga unik sekali, mereka menjual ….. FLAMETHROWER …..

Engadget.com

Perusahaan Elon Musk, The Boring Company, baru saja mengadakan konferensi pers dan memperlihatkan untuk pertama kalinya, seperti apa bentuk dari penghilang kemacetan ini. The Boring Company mempunyai konsep membawa kendaraan kebawah tanah melalui lorong-lorong yang dibuat menyusuri kota dengan ukuran tidak lebih besar dari sebuah mobil. Lebih tepatnya satu lorong ini akan dipakai untuk mobil kalian yang dihubungkan dengan lift khusus yang nantinya akan tersedia di ruas-ruas jalan.

Di dalam video di atas kita bisa melihat konsep awal yang diberikan oleh The Boring Company, namun pada konferensi pers baru-baru saja, bentuk yang ditampilkan sedikit berbeda, namun tetap saja ini menjadi suatu “breakthrough” yang akan mengubah wajah transportasi kita, kalau nantinya semua ini menjadi kenyataan.

Dalam kenyataannya, kendaraan yang masuk ke dalam terowongan akan menggunakan bumper, bukan penampang bermotor seperti yang kita lihat pada konsep. Dan terdapat penurunan kecepatan dari yang diharapkan bisa mencapai 150-200km/jam menjadi hanya sekitar 80km/jam, paling tidak untuk saat ini.

Dalam terowongan yang digunakan untuk tes tersebut beberapa orang yang beruntung dapat mencoba secara langsung mengatakan bahwa terowongan tersebut terasa sempit dan banyak goncangan yang terjadi di dalam mobil, tetapi tetap saja ini merupakan sesuatu pengalaman baru yang luar biasa dan mereka mengharapkan untuk melihat implementasi nyatanya. Melihat track record dari Elon Musk yang selalu berhasil mewujudkan semua yang dia janjikan, sepertinya hal tersebut tidak akan terlalu lama lagi terjadi.

Mari kita sekarang menunggu implementasi nyatanya secara luas, paling tidak untuk Amerika dan berharap nantinya teknologi ini apabila memang berhasil, bisa diimplementasikan di Indonesia, terutama di Jakarta.

oleh: Tommy Fabianus, Digital Marketing Director Grab Essentials & seoindonesia.co.id

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of