Wow! Shopee Sudah Mengalahkan Tokopedia lho!

Essentials.id – Di Indonesia, persaingan antara situs belanja online atau lebih akrab disebut e-commerce semakin ketat. Persaingan antar platform e-commerce di Indonesia kini masih menjadi salah satu yang banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia. Kondisi seperti ini terjadi karena perkembangan teknologi ponsel pintar atau smartphone di negara Indonesia sangat pesat. 

Semenjak tahun 2019, Indonesia menjadi salah satu negara dengan peringkat adopsi e-commerce tertinggi. Dengan 90% pengguna jaringan internet dengan usia 16 sampai 64 tahun melakukan kegiatan pembelian produk dan juga jasa secara online. Tahun 2020, belanja online masih terus tumbuh perkembanganya di Indonesia. Hal ini dikarenakan dipicu oleh beberapa segmen terbesarnya yaitu kaum milenial. Bukan hanya itu, kalangan orang tua atau usia lanjut pun menjadi segmen pemicu tumbuhnya e-commerce di Indonesia. 

Masa Pandemi saat ini menjadi salah satu faktor dimana tahun 2020 menjadi tahun yang cukup memuncak pertumbuhan yang cukup signifikan untuk proses belanja online bagi masyarakat, khususnya Indonesia. Saat Pandemi akibat munculnya virus Covid-19 di Indonesia menjadi pemicu yang cukup kuat bagi hampir kebanyakan masyarakat Indonesia melakukan semua kegiatannya melalui digital. Mulai dari kegiatan kerja maupun membeli dan berbelanja kebutuhan produk dan jasa yang mereka butuhkan untuk kehidupan sehari-hari. 

Ketatnya persainagan shopee dan toped

Berbelanja online di platform e-commerce menjadi salah satu pilihan terbaik bagi banyak masyarakat Indonesia yang tidak bisa banyak melakukan kegiatan diluar rumah karena adanya social distancing akibat Pandemi yang dihadapi tahun ini. 

Bukan hanya perubahan dari sisi konsumen, begitu juga dari sisi industri e-commerce itu sendiri juga membuka peluang yang lebih besar untuk peluang bisnis-bisnis yang baru. Baik dari segi industri di sektor pendukung, seperti logistik, infrastruktur IT, dan operator e-commerce.

Tokopedia dan Shopee merupakan beberapa platform e-commerce yang memiliki nama besar di Indonesia saat ini. Dua platform tersebut cukup pesat persaingannya kini, karena memiliki peringkat nomor 1 dan 2 pada Pusat Data dan Analisa Tempo Media Group dan beberapa survei media online lainnya. Tokopedia sepanjang tahun 2019 memuncaki deretan terpopuler e-commerce di Indonesia. Platform e-commerce yang memiliki logo burung hantu dengan warna dominan hijau tersebut memiliki pengunjung terbanyak di antara deretan daftar platform lainnya. Dilanjuti oleh platform e-commerce yang memiliki logo dengan warna dominan oranye, shopee menduduki peringkat kedua. 

Namun kini, si oranye mengambil alih posisi si hijau dari deretan daftar platform e-commerce di Indonesia. Tokopedia kini tak lagi menjadi jawara atau yang paling populer di negeri ini. Shoppelah yang sekarang mengambil alih posisi jawara, saat ini Shopee merupakan platform yang paling populer di Indonesia. Tahun 2020 ini, menurut salah salah satu media sosial iPrice, total pengunjung platform Shopee yaitu mencapai 93,44 juta perbulannya. Sementara untuk platform Tokopedia hanya mencapai 86,103 juta pengunjung perbulannya.

Shopee ternyata telah mengambil alih jawara platform di Indonesia dengan menduduki deretan pertama mengalahkan Tokopedia sejak kuartal IV tahun 2019. Dimana pada kuartal sebelumnya pada tahun 2019 tersebut masih dipegang posisinya oleh si hijau Tokopedia yang memiliki pengguna paling banyak. Dilanjuti oleh platform Bukalapak, Lazada, Blibli, JD ID, dan beberapa platform e-commerce lainnya yang menduduki 10 besar terpopuler dengan pengunjung dan pengguna terbanyak di Indonesia. (source: cnbcindonesia)

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x