Promosi Saat Pandemi

Pandemi Melanda Tidak Perlu Panik Lakukan Tekhnik Promosi Berikut

Saat masa Pandemi seperti saat ini masih terus kita alami, momen-momen kritis untuk setiap usaha yang kita punya pasti kita rasakan. Mulai dari pertokoan yang sepi, pusat perbelanjaan, bioskop, mall, cafe-cafe kehilangan pengunjungnya secara drastis. Oleh karena itu, kita harus memutar otak untuk bagaimana caranya melakukan strategi-strategi pemasaran atau promosi yang kuat dan akurat agar usaha yang kita punya bisa tetap kokoh dan bangkit walaupun musibah akibat Virus ini terjadi. Berikut 7 strategi promosi saat Pandemi agar brand kita tetap menonjol dan terus bangkit.

  1. Tetap terhubung dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan di media sosial

Saat masa seperti inilah merupakan waktu yang tepat untuk menunjukan empati kepada orang lain yang membutuhkan bantuan selagi kamu mampu. Masa seperti ini kamu harus lebih peka dan jangan terlalu memaksakan dalam penjualan produk dengan melakukan hard selling, akan tetapi ini adalah salah satu peluang yang cukup besar untuk brand kamu lebih menonjol dengan tetap aktif dan tetap terhubung dengan konsumen lama maupun masyarakat luas di media sosial. Banyaknya orang yang melakukan karantina mandiri dengan tetap berada dirumah atau stay home, penggunaan sosial media pun akan jauh lebih dan semakin aktif karena sosial media sendiri menjadi salah satu wadah untuk tetap bisa terhubung dengan orang banyak, meskipun hanya didalam rumah saja dalam jangka waktu yang bisa dibilang tidak sebentar. 

  1. Pastikan produk dan brand kalian bisa dicari secara online 

Selama gerakan social distancing atau #dirumahaja pastinya akan lebih banyak orang yang akan online pada setiap sosial media yang mereka miliki. Traffic pencarian secara online akan terus meningkat signifikan selama masa Pandemi ini, karena masyarakat akan lebih banyak melakukan kegiatan didalam rumah saja. Hal tersebutlah yang akan memicu banyak masyarakat akan mencari dan berburu informasi-informasi yang mereka butuhkan melalui ponsel, tab, laptop, maupun gadget yang mereka punya. Salah satu yang sering dilakukan oleh banyak masyarakat saat masa Pandemi ini, yaitu belanja secara online yang merupakan salah satu upaya mereka untuk menghabiskan waktu mereka saat sedang senggang ataupun saat bosan ketika sedang melakukan Work From Home (WFH). Oleh karena itulah, sangat penting untuk produk dan brand kamu untuk mudah ditemukan di berbagai media sosial yang ada, bahkan hingga pada halaman-halaman mesin pencarian online saat ini.

  1. Jadikan produk dan brand kamu lebih depan dibanding kompetitor

Hal ini harus kamu perhatikan baik-baik dan detail mengenai campaign, pesan sosial, dan juga presence dalam mesin pencarian yang ada, usahakan semaksimal mungkin untuk selalu jadikan tampilan produk dan brand kamu menjadi yang pertama dan bisa mencuri perhatian untuk banyak target dan audience yang melihat. Kalian butuh strategi yang harus disiapkan sebaik mungkin untuk melakukan tahap ini, salah satunya yaitu strategi SEO dan juga iklan PPC secara digital. Hal ini bisa kalian pertimbangkan sebagai langkah taktis yang baik untuk mewujudkan produk dan brand kalian memiliki strategi yang selangkah lebih jauh dibandingkan kompetitor. 

  1. Memberikan penawaran khusus seperti diskon

Dalam kondisi saat ini, kalian bisa memberikan penawaran yang menarik untuk periode untuk kali ini. Strategi ini baik untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin dan juga bisa membantu produk dan brand kalian bisa dalam keadaan kurva yang stabil. Dikarenakan daya beli pada masa ini sangat tidak stabil naik-turunnya, kalian bisa memberikan penawaran-penawaran harga khusus seperti diskon ataupun yang lainnya yang sedang trend saat ini seperti ‘giveaway’ untuk bisa menjadikan pendapatan dan pemasukan usaha kalian dengan menjaga pelanggan-pelanggan kalian tetap setia membeli produk dan brand kalian ketimbang kompetitor. 

  1. Menjadi produk dan brand yang paling tanggap situasi

Dalam situasi Pandemi saat ini, pastinya banyak sekali situasi dan keadaan yang sering berubah-ubah dan tak tentu. Cara agar membuat produk dan brand kalian menjadi salah satu bisnis yang tetap lancar penjualannya yaitu dengan menumbuhkan empati. Kalian cukup memberikan transparansi produk dan brand yang kalian jual untuk setiap konsumen mengenai upaya bisnis kalian dalam situasi saat in. Seperti contohnya bila produk dan brand kalian yaitu termasuk kategori makanan atau kuliner, kalian bisa menyampaikan bahwa telah melakukan semua prosesnya dengan dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan, yaitu seperti chef dan tim yang menyiapkan makanan wajib memakai sarung tangan, masker, dan kotak makan yang teruji bersih. 

Itulah tips yang bisa kamu lakukan agar bisnismu bisa bertahan di Badai Pandemi ini, Hematlah dalam mengelola keuangan dan Semoga bermanfaat bagi kita semua

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x