Jepang Baru Saja Membuat Robot “Tuhan”

Essentials.id – Jepang, negara dimana batasan antara yang nyata dan fiksi hampir tak terlihat (baca juga: Mengapa Pemerintah Jepang Hack Rakyat Mereka Sendiri?), mengejutkan kita kembali dengan membuat robot “Tuhan/Dewa” yang disembah di kuil di Kyoto.

Robot dewa tersebut bernama: Android Kannon Mindar.

robot dewa kannon
朝日新聞社

Mengutip dari Mashable, robot ini dibuat dengan harga US$ 909.090. Yang mengejutkan, ide membangun robot dewa ini muncul justru dari petinggi kuil Buddhist Kodaiji di Kyoto. Robot ini merupakan representasi dari dewa pengampunan Jepang bernama Kannon.

Android Kanon Mindar memiliki kapabilitas untuk memberikan kotbah dan membacakan doa. Hal ini akan direalisasikan pada bulan Maret tahun ini!

Diperkenalkan pada tanggal 23 Februari, robot ini merupakan hasil kolaborasi antara kuil Kodaiji dengan seorang profesor intelligent robotic, Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka. Android ini khusus di program untuk memberikan kotbah dari kitab tersuci umat Buddha, Prajñāpāramitāhṛdaya atau Heart Sutra.

Dengan tinggi sekitar 195cm, robot ini akan menjadi pusat dari kuil Kodaiji. Pendeta kuil, Tensho Goto, berharap dengan hadirnya robot ini, Budisme akan menyebar lebih luas lagi, terutama ke generasi baru.

Semoga ini tidak menjadi beginning of the end untuk ras manusia 😜. Karena munculnya robot-robot dan berkembang pesatnya AI saat ini sudah seperti episode film-film science fiction.

Source: Mashable

Editor: Tim Essentials

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of