SEO dan SEM, Pilih yang Mana?

Bagi kamu anak agency khususnya digital agency pasti sering mendengar istilah-istilah yang berkaitan dengan digital marketing khususnya SEO dan SEM.

Nah, buat kamu yang masih awam dan belum tahu SEO dan SEM. Mari simak ulasan berikut.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah proses optimasi website agar memiliki peringkat yang bagus di SERP (Search Engine Result Page). Salah satu mesin pencari yang sering digunakan adalah Google. Dengan kata lain SEO merupakan proses optimasi yang dilakukan untuk memunculkan website di halaman pertama Google. Selain itu, SEO juga membantu kamu untuk bias mendapatkan customer yang potensial atau dapat meningkatkan traffic pengunjung website. SEO pada umumnya meliputi dua hal penting dalam pengerjaannya yakni bagian On-page dan Off-page.

Search Engine Marketing (SEM)

SEM adalah salah satu bagian pemasaran digital yang dilakukan di internet dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas dari website itu sendiri di halaman mesin pencari seperti Google. Berbeda dengan SEO, SEM menggunakan cara berbayar seperti PPC dan iklan seperti Google Ads.

SEO dan SEM berjalan secara berdampingan namun SEO membutuhkan proses lama untuk optimasi sebuah website. SEO tidak hanya bertujuan membuat web muncul di peringkat tertinggi mesin pencari namun juga membantu meningkatkan jumlah pengunjung website. SEM bisa dibilang mencakup SMM (Social Media Marketing).

Seperti yang kita tahu banyak yang memperdebatkan manfaat SEO dan SEM mana yang lebih baik. Nah, berikut jawabannya.

Perlu kamu ketahui SEO bekerja secara organik namun memiliki dampak terbaik bagi suatu website. Pada umumnya SEM tidak bisa berhasil mulus jika tidak dibantu cara SEO. Karena SEM bergantung sama berapa besar budget yang kamu punya untuk mengiklankan web kamu di halaman pertama mesin pencari.

Berbeda dengan SEO yang memang harus dilakukan secara organic dalam proses yang lama. SEM juga membantu SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung namun pertanyaannya bukankah organic yang lebih baik? Jawabannya iya. Karena pada akhirnya kamu dapat mengembangkan kredibilitas web dengan optimasi SEO.

Jika kamu bingung, kamu bisa menjalankan keduanya beriringan karena memang sama penting. Namun, kamu harus melihat mana yang harus dijalankan duluan dan apa yang menjadi kebutuhan spesifik kamu.

Share this:

Leave a Reply