Tentang SEO dan Kegunaannya Dalam Strategi Digital Marketing

Sebelum membahas lebih dalam tentang SEO, sebaiknya Anda mengenal dahulu apa itu SEO. Sebenarnya apa itu SEO, dan mengapa hal tersebut dinilai penting dalam strategi pemasaran online ! SEO sendiri adalah singkatan dari Search Engine Optimization, atau jika diterjemahkan, jadi taktik / tindakan yang dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah website atau juga blog. Optimasi ini sendiri dilakukan untuk memungkinkan sebuah mesin pencari atau yang lebih dikenal dengan istilah search engine, untuk menilai apakah blog atau website yang akan ditampilkan tersebut, layak atau tidak  ditampilkan di posisi pencarian teratas.

Jika hal ini terjadi, maka potensi trafik organik pada website atau blog pun akan meningkat pula. Kondisi seperti ini yang pastinya akan menguntungkan Anda. Tapi perlu diingat, bahwa SEO ini harus dilakukan secara berulang, dan bukan hanya 1 kali, agar trafik yang Anda dapatkan kelak, juga tetap berada di atas.

Cara kerja SEO

Seperti yang selintas disebutkan, tujuan penggunaan SEO ini adalah untuk meningkatkan website, sehingga para pengguna internet, mampu menemukan apa yang dibutuhkan, dengan menggunakan keyword atau kata kunci tertentu. Tentunya hasil pencarian ini, tidak akan serta-merta muncul begitu saja, mengingat prosesnya tidak sesederhana seperti yang dibayangkan. Setidaknya ada 3 tugas utama yang dimiliki oleh sebuah “Search Engine”, untuk melakukan sebuah pencarian, antara lain :

  • Crawling
  • Tugasnya adalah untuk mengumpulkan, semua informasi dari sebuah website. Mulai dari halaman ke halaman lainnya, dan juga link satu ke link lainnya. Ini adalah proses awal dari proses kerja SEO.
  • Indexing
  • Ketika Informasi sudah dikumpulkan, berikutnya web Crawler akan menyimpan informasi tersebut, dalam sebuah entry list : Index.  
  • Rangking  
  • Berikutnya mesin akan menampilkan konten, sesuai dengan hasil pencarian yang paling sesuai, dengan peringkat secara berurutan.  

Dalam menampilkan hasil pencarian, agar kualitasnya terjamin, biasanya mesin pencari akan menggunakan sekumpulan aturan atau rule, yang biasa disebut dengan algoritma. Dengan menggunakan sistem algoritma seperti ini, mesin pencari akan memastikan, bahwa orang-orang yang menggunakan internet, dapat memperoleh informasi yang relevan, dari berbagai sumber yang pastinya terpercaya.

Cara Menggunakan SEO

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara kerja SEO, maka berikutnya Anda perlu mengetahui bagaimana cara optimasi SEO secara tepat. Ini adalah tentang SEO yang harus benar-benar Anda pahami. Seperti yang pernah dijelaskan di atas, proses optimasi Seo ini, tidak hanya dilakukan 1 kali saja, namun perlu dilakukan secara berkala, agar “search engine”, juga secara berkala, mamu mengetahui, aneka pembaharuan yang Anda lakukan, dan nantinya akan dimasukkan pada sistem algoritmanya. Hasilnya hasil pencarian anda, akan selalu berada di posisi teratas.

On-site SEO

Tentang SEO dan Kegunaannya Dalam Strategi Digital Marketing

Yang perlu Anda pahami tentang SEO dalam hal ini adalah, SEO dibagi menjadi 2 kategori, yatu offsite SEO dan onsite SEO.

Onsite SEO, akan mengoptimasi website atau juga blog dari dalam. Sistem optimasi ini, akan berkaitan erat dengan peraturan dan penyesuaian elemen yang ada pada website. Ini akan mempermudah mesin pencari untuk memperoleh crawl secara lebih mudah.

Mencari kata kunci

Tentang SEO dan Kegunaannya Dalam Strategi Digital Marketing

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih kata kunci. Ini adalah tentang SEO yang penting untuk diperhatikan. Pemilihan keyword ini, harus tepat, dan mampu mendatangkan traffic organik pada konten yang Anda posting. Tentunya keyword sendiri adalah ide spesifik, atau juga topik yang diketik oleh para pengguna, d mesin penari.

Mengetahui dan memahami keyword atau kata kunci yang paling sering digunakan oleh para pengguna internet, saat mengakses website, pastinya akan sangat membantu meningkatkan traffic website atau blog yang Anda miliki.

Optimasi website

Kecepatan loading

Dalam pembahasan tentang SEO ini, Anda juga akan mempelajari tentang bagaimana cara mengoptimasi website. Mulai dari :

  1. Menggunakan struktur website yang tepat, dimana hal ini akan membantu mesin pencari, dalam mengenali setiap halaman yang ada di dalam website.
  2. Membuat konten yang relevan, mengingat setiap pembaca, membutuhkan isi konten yang sesuai dengan judul konten, juga sesuai dengan keutuhan pembaca. Jika hal ini dilakukan dengan baik, bukan tidak mungkin traffic pada blog atau website perlahan namun pasti akan mulai merangkak naik.  
  3. Memudahkan sistem navigasi, hal ini juga penting untuk diperhatikan, agar para pengunjung website, mudah melakukan berbagai macam pencarian di website tersebut, dan secara tidak langsung para pengunjung akan merasa betah berlama-lama di situs yang dimaksud.  

User experience

Tentang SEO dan Kegunaannya Dalam Strategi Digital Marketing

Seperti layaknya toko, maka sudah sewajarnya setiap pengunjung blog atau website, harus dilayani dengan baik. pelayanan seperti ini, akan membuat para pengunjung merasa betah di website atau blog tersebut, dan bukan hanya mampir sebentar, kemudian pergi lagi.

Jadi misalnya saja anda, akan membuat sebuah website bisnis, maka buat halaman website, seperti layaknya toko online profesional, dengan aneka koleksi produk, dan berbagai keterangan akan produk yang ditawarkan.

Semua informasi tersebut, harus disampaikan dengan baik, dan rinci untuk memudahkan para pengunjung dalam memilih produk yang diinginkan, dan dibutuhkan. Misalnya saja dengan memperhatikan tata letak produk, atur produk-produk anda sesuai kategori, dan hal lainnya.

Kecepatan loading

Tentang SEO dan Kegunaannya Dalam Strategi Digital Marketing

Walaupun terlihat sepele, namun ini adalah hal yang cukup penting diperhatikan, dari sebuah website atau blog. Tentunya Anda atau para pengunjung sangat tidak nyaman, ketika membuka sebuah blog atau website, dengan durasi loading yang lama. ini yang lambat laun membuat traffic pada website atau blog Anda jadi menurun.

Sebaliknya, jika proses loading atau proses buka website atau bl cepat, pastinya akan disukai oleh para pengunjung. 

Off site SEO

Tentang SEO dan Kegunaannya Dalam Strategi Digital Marketing

Jika onsite sudah dibahas di atas, maka berikutnya adalah offsite. Dibandingkan dengan onsite, maka offsite SEO ini, tidak terlalu teknis. Fungsinya adalah untuk mempromosikan sebuah website atau blog. Dengan menggunakan teknik seperti ini, orang di luar sana, akan mengetahui bahwa website atau blog yang Anda miliki, layak untuk dikunjungi.

Content marketing

Tentang SEO dan Kegunaannya Dalam Strategi Digital Marketing

Tentang SEO yang juga harus Anda pahami adalah content marketing. Ini adalah salah satu cara yang paling tepat untuk menaikkan rating website di mesin pencari. Kali ini Anda sebaiknya membuat content marketing yang terstruktur dengan baik, sehingga akan banyak keuntungan yang akan didapat. Keuntungan yang dimaksud, antara lain, mampu mendatangkan pengunjung baru, mempengaruhi para pengunjung untuk membeli produk yang ditawarkan, memperbaiki reputasi toko online /bisnis, dan juga hemat biaya.

Promosi

Tentang SEO dan Kegunaannya Dalam Strategi Digital Marketing

Untuk memperoleh jumlah follower dan subscriber yang banyak. Makna sebuah website sebaiknya diisi dengan aneka macam konten yang menarik, unik dan bermanfaat. Jika hal tersebut sudah Anda lakukan, maka hal berikutnya adalah dengan melakukan promosi.  

Ada cukup banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk masalah promosi tersebut, mulai dari menggunakan sosial media, bergabung dengan grup website atau blog sejenis, atau yang lainya.

Demikianlah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang SEO, dan cara menggunakanya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x