Tips Content Marketing 2019

Essentials.id – Sebelum kita mulai ke dalam tips, mari kita pelajari dahulu apa itu content marketing dan bagaimana cara kerja content marketing di dunia digital.

Apabila dilihat dari Wikipedia, content marketing adalah:
Diterjemahkan dari bahasa Inggris – bentuk pemasaran yang berfokus pada membuat, menerbitkan, dan mendistribusikan konten untuk audiens yang ditargetkan secara online. 

Tips content marketing 2019 essentials!

Menurut salah satu digital marketing agency di Jakarta Content Marketing adalah: usaha pemasaran dengan cara menciptakan konten-konten yang berguna untuk target market tanpa menjual produk Anda secara hard selling, namun tetap relevan dengan brand Anda.

Contoh-contoh content marketing:

  1. Forum (e.g. Bebeclub oleh Bebelac)
  2. Blog (e.g. Starbuckschannel oleh Starbucks)
  3. Youtube channel (e.g. Moment oleh Moment Lens)
  4. Instagram Account (e.g. @keelesson oleh Kee Bag)
  5. Microsite (e.g. Pasta Bisa oleh La Fonte)

Melihat dari contoh-contoh sukses di atas kita bisa melihat trend kedepan dari digital marketing. Ketika tingkat konsumsi konten semakin tinggi di masa sekarang ini, semakin rendah pula retensi pengguna internet terhadap konten. Apabila konten yang kita sajikan hanya berupa iklan dalam bentuk hard sell, iklan yang kita tampilkan hanya one swipe away dan terbuang sia-sia.

Untuk mempertahankan retensi yang baik kita perlu menyajikan konten yang memang berguna untuk target market yang kita tuju dan jangan lupa untuk memasukkan positive connection dengan produk atau jasa yang kita jual.

la fonte pasta bisa seo content marketing by seoindonesia.co.id

Tips Content Marketing 2019:

  1. Be genuinely informative. Ciptakanlah konten dengan mindset yang tepat, yaitu untuk memberikan informasi yang baik dan berguna untuk target market Anda. Lupakanlah sejenak mengenai produk yang Anda jual ketika Anda menciptakan konten untuk target market Anda.
  2. Choose the right platform. Tentukan platform yang tepat untuk target market Anda. Apabila Anda memiliki target market remaja, ada baiknya Anda memilih Instagram sebagai platform content marketing Anda daripada menggunakan microsite. (baca juga: 5 aplikasi terbaik untuk sosial media)
  3. Video is still the next big thing. Konten video akan mendapatkan retensi yang lebih baik daripada semua konten jenis lain. Walaupun memakan waktu yang tidak sedikit dan biaya yang lebih banyak, namun ROI yang kita dapatkan akan lebih besar nantinya.
  4. Create original content. Usahakan selalu untuk menciptakan konten yang original, terutama untuk microsite atau website, karena Google tidak suka konten yang diambil dari konten lain alias menjiplak dan akan menurunkan reputasi website Anda, membuatnya sulit ditemukan di search engine. Apabila Anda ingin mencari tahu apakah konten yang dibuat tim Anda original atau tidak, Anda bisa menggunakan Copyscape plagiarism checker. Konten plagiat juga bisa menyebabkan perusahaan Anda dituntut oleh pemilik konten original, jadi berhati-hatilah.
  5. Post daily, more than one post is better. Tidak bisa dipungkiri bahwa walaupun kualitas konten itu penting namun kuantitas tetap punya andil di dalam dunia digital. Alogaritme search engine dan sosial media masih berpihak pada kuantitas, dan tugas kita sebagai content creator untuk menjaga kualitas.
Starbucks content marketing by essentials

Itu adalah tips yang dapat kami berikan untuk mengawali 2019 untuk content marketing, semoga berguna dan yang terpenting adalah untuk mempraktekkannya dengan sungguh-sungguh dan segera, karena dunia digital marketing adalah dunia yang tidak pernah sabar untuk terus berubah.

#learneverydayacttoday

Oleh: Tommy Fabianus. Digital Marketing Director Grab Essentials! & SEOindonesia.co.id

Share this:

1
Leave a Reply

Please Login to comment
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback
230 Emoji Baru termasuk Bajaj & Orangutan - Essentials! Digital Media

[…] untuk mengekspresikan sesuatu secara visual dalam chat atau content digital kalian (baca juga: Tips Content Marketing 2019). […]