Tips Dasar Digital Marketing 2019 untuk Start Up!

Essentials.id – Para pengusaha pasti mengharapkan start up yang sukses dalam membangun sebuah usaha. Bagi para pebisnis pemula, proses untuk mencapai puncak kesuksesan bukanlah suatu hal yang mudah. Perlu waktu dan pengalaman yang bertahap untuk mencapai puncak kesuksesan tersebut.

sukses digital marketing 2019

Dalam satu bisnis dengan bisnis lainnya, tingkat kesuksesannya tidak sama. Untuk memberikan hasil yang seimbang, ada beberapa teknik start up yang harus diperhatikan. Meskipun jalan menuju kesuksesan tidak sama, namun mempraktekan berbagai teknik start up merupakan harapan supaya bisa memberikan hasil yang sepadan dengan keinginan kita.

Bagi para start up yang hendak memasarkan jasa pelayanannya atau produknya, harus melakukan digital marketing. Antara satu start up dengan start up yang lain hasilnya berbeda dan tidak selalu instan. Dalam keberlangsungan start up itu sendiri, digital marketing merupakan hal yang paling penting. Ada beberapa tips untuk membuat strategi digital marketing bagi para start up.

tips digital marketing 2019

Tips Digital Marketing Indonesia Untuk Start Up
Suatu start up dengan digital marketing yang tepat sangat berkaitan dengan kesuksesan sebuah bisnis. Jika digital marketing telah dijalankan dengan sempurna, maka hasil yang dicapai akan sesuai dengan yang di harapkan. Berikut ini beberapa tips digital marketing untuk start up.

  1. Menetapkan Tujuan
    Dalam digital marketing yang harus kamu lakukan pertama kali ialah menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Tetapkan tujuan yang ingin dicapai sedetail mungkin.
  2. Mengikut Sertakan Peran Media Sosial
    Media sosial adalah jalan yang paling efektif untuk memasarkan jasa layanan ataupun produk yang kamu miliki karena mudah dijangkau oleh banyak kalangan.
  3. Layanan Promosi Berbayar
    Dalam digital marketing, layanan promosi berbayar adalah salah satu cara yang dapat diterapkan untuk start up. Layanan ini akan membuat jasa layanan atau produk semakin dikenal luas.
  4. Membuat Konten yang Berkualitas
    Konten yang berkualitas akan memiliki keterikatan emosional yang tinggi bagi para pelanggan dan juga calon pelanggan.
  5. Mengevaluasi/Meneliti Ulang
    Setelah menjalankan semua strategi digital marketing secara seksama, hal terakhir yang harus dilakukan ialah mengevaluasi, yakni meneliti ulang apakah tujuan yang kamu rencanakan sudah tercapai. Jika belum, teliti lagi apa saja yang masih perlu dilakukan supaya hasilnya optimal.
strategi digital marketing 2019

Tips Untuk Digital Marketing Agar Bisnis Anda Lebih Sukses
Digital marketing dalam sebuah usaha merupakan hal yang paling penting demi kelangsungan suatu bisnis. Ada beberapa macam digital marketing dalam membangun sebuah usaha. Supaya bisnis lebih sukses, berikut ini adalah tips digital marketingnya.

  1. Target Market Utama ialah Memberi Penawaran Sesuai Kebutuhan
    Hal pertama yang harus dilakukan ialah memperkecil target market terlebih dahulu supaya bisa memberikan apa yang dibutuhkan pelanggan. Dengan mudah kamu akan mendapatkan informasi mengenai apa yang dibutuhkan oleh pelanggan ketika kamu mengetahui target market utama yang dituju.
  2. Meneliti Pelanggan
    Kamu harus mengetahui segala informasi tentang pelanggan untuk bisa membuat perencanaan digital marketing yang lebih efektif. Dalam tahap ini kamu sudah bisa bicara realitas dan data. Kamu tidak perlu mengira-ngira lagi karena sudah memiliki data yang akurat.
  3. Membuang yang Gagal dan Melanjutkan yang Berhasil
    Jika kamu sudah menjalani digital marketing selama usahamu berjalan, kamu tentu mengetahui apa yang harus ditingkatkan dan dilanjutkan serta apa yang harusnya dibuang.
  4. Mempermudah Orang Menemukan Bisnismu
    Semakin mudah orang-orang menemukan bisnis yang kamu jalankan, maka semakin mudah juga kamu mendapat pelanggan dan pastinya akan berdampak baik pada usahamu.
  5. Memperluas Jaringan Serta Komunitas
    Mempunyai hubungan dengan jaringan atau komunitas yang berkaitan dengan produk yang kamu pasarkan ialah salah satu kunci sukses dalam digital marketing. Apabila memiliki jaringan kuat yang bisa memantapkan bisnis dan ini akan sangat berpengaruh pada omset tersebut.
tips sosial media 2019

Tips for Digital Marketing Strategy
Dalam dunia usaha, inovasi baru selalu muncul dari tahun ke tahun. Tentunya tips for digital marketing strategi perlu ada agar strategi yang tersusun menjadi lebih baik. Salah satu tips for digital marketing strategy adalah mengandalkan strategi yang baik. Ada beberapa strategi yang harus diterapkan;

  1. Media Social Marketing
    Tips for digital marketing strategy yang pertama adalah media social. Media social mampu mendongkrak popularitas perusahaan dan sangat penting untuk bisnis. Ada beberapa keuntungan diantaranya ialah meningkatkan sales.
  2. Email Marketing
    Salah satu channel tertua ialah email, yang muncul pada tahun 1971. Dalam meraih pertumbuhan bisnis, email merupakan investasi terbaik yang bisa digunakan. (baca juga: Email marketing juga harus mobile-friendly?)
  3. Search Engine Optimization (SEO)
    Peran Search Engine Optimization atau SEO sangat penting bagi strategi digital marketing. SEO tidak hanya membangun kepercayaan dari user tetapi juga meningkatkan traffic ke website. SEO juga bergantung pada banyaknya konten yang diisi di website. (baca juga: SEO untuk boost penjualan)
  4. Content Marketing
    Hal ini wajib dilakukan oleh start up. Tidak hanya karena biayanya yang ekonomis, tetapi juga sifatnya yang bisa bertahan lama. Dengan menggunakan content marketing ini dapat menyalurkan konten yang berbeda-beda kepada audiens.
  5. Influencer Marketing
    Salah satu cara tercepat untuk menaikkan popularitas dalam digital marketing ialah influencer marketing. Caranya ialah melalui promosi website atau produk. (baca juga: Fitur Instagram untuk Influencer)
facebook marketing 2019

Tips dan Trik Digital Marketing Untuk Usaha Dagang
Berdagang juga harus mengenal tips dan trik digital marketing secara baik. Dengan mengenal tips dan trik digital marketing usaha dagang bisa semakin lancar dan tentunya omset akan lebih meningkat. Nah, berikut ini terdapat beberapa tips dan trik digital marketing yang bisa diterapkan dalam usaha dagang.

  1. Memanfaatkan Media Sosial
    Dalam usaha dagang pemasaran melalui media sosial sangatlah membantu. Dengan diunggahnya produk ke media sosial, banyak masyarakat yang mengetahui produk yang kamu jual. Dengan itu, kamu bisa mendapatkan konsumen.
  2. Mengenali Target Konsumen
    Mengenali target konsumen terlebih dahulu ialah tips pemasaran sebuah produk. Supaya lebih mengena, target konsumen perlu ditentukan secara spesifik. Melalui situs online, kamu bisa melakukan survey. Dengan survey tersebut kamu bisa mengetahui apa yang sangat diminati oleh konsumen ataupun hal yang paling dibutuhkan.
  3. Mengetahui Serta Mengenali Kebutuhan Konsumen
    Ini adalah trik yang paling penting. Kamu harus mengenali kebutuhan konsumen dari berbagai kalangan seperti kebutuhan remaja tentunya berbeda dengan kebutuhan orang tua. Dengan mengenali kebutuhan konsumen secara selektif, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang seharusnya kamu jual.
  4. Merencanakan Promosi
    Dengan melakukan promosi, produk akan cepat dikenal dan semakin populer dikalangan masyarakat sehingga memudahkan menarik perhatian masyarakat untuk mengetahui sebuah produk yang di promosikan.
startup marketing 2019

Tips Untuk Digital Marketing Pemula
Bagi pemula, memasuki dunia baru yaitu dunia usaha bukanlah suatu hal yang mudah, ada halangan yang membuatnya merasa sulit untuk menyatu saat baru mengenal dunia usaha. Ada juga yang memilih berhenti dari dunia usaha ketika menemukan satu masalah. Untuk menghadapi hal-hal tersebut, kami akan memaparkan tips untuk digital marketing pemula, seperti di bawah ini:

  1. Meningkatkan Visibilitas
    Tips untuk digital marketing yang pertama adalah meningkatkan visibilitas. Dengan meningkatkan visibilitas dapat menampilkan merek produk kamu muncul di situs web sehingga banyak orang yang langsung mengenali produk tersebut dan tertarik untuk mencari tahu lebih dalam lagi.
  2. Mempunyai Keinginan Belajar Tinggi
    Walaupun teknologi bisa dimanfaatkan untuk sekarang ini, tetapi kita tetap harus banyak belajar. Berlatih secara matang dan terus belajar akan membuahkan hasil yang sesuai harapan.
  3. Memiliki Pribadi yang Professional serta Menarik
    Professionalitas sangat diperlukan dalam dunia usaha sebab dalam dunia usaha kita diharuskan untuk bisa membedakan keadaan serta bisa membagi waktu.
  4. Membangun Jaringan Secara Perlahan
    Jika kamu memiliki jaringan yang luas, maka semakin besar pula kesempatan untuk memasarkan produk.
instagram tips 2019

Tips Digital Marketing Instagram yang Mudah
Tips digital marketing Instagram harus diterapkan dengan baik. Terlebih saat ini fungsi sosial media tidak hanya sekedar untuk mengunggah foto atau video saja. Sosial media juga bisa digunakan untuk memasarkan produk ataupun jasa, di sini tips digital marketing Instagram diperlukan. Ada beberapa tips digital marketing instagram yang mudah untuk mempromosikan produk dan juga jasa layanan.

  1. Mengupload post secukupnya
  2. Memberi hastag untuk membangun komunitas
  3. Membangun kerja sama dengan pihak lain
  4. Relevan antara bisnis, follower, dan juga trend
  5. Menemukan inspirasi dari akun lain
  6. Tools yang ada dimanfaatkan dengan baik
  7. Melakukan interaksi dengan pengguna lain

Jika kamu benar-benar memiliki jiwa usaha dan sungguh-sungguh dalam menjalankannya serta telah menjalankan semua tips yang sudah disajikan, maka kesuksesan sudah terlihat jelas di depan mata. Tetapi kita juga harus pandai menghadapi masalah yang timbul di dunia wirausaha. Tidak hanya itu, kita juga wajib untuk membuat pelanggan menjadi loyal pada produk-produk yang telah kamu pasarkan.

oleh tim penulis Essentials.id

Share this:

1
Leave a Reply

Please Login to comment
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Pre-wedding Bertema Grab Food! - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback
Pre-wedding Bertema Grab Food! - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS

[…] Tips Dasar Digital Marketing 2019 untuk Start Up! […]