Tips Digital Marketing Untuk Membuat Bisnis Lebih Dikenal

Digital marketing merupakan salah satu upaya memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan media internet atau elektronik. Tujuan digital marketing sebenarnya sama dengan marketing pada umumnya, yaitu untuk memberikan pengetahuan atau informasi kepada calon customer mengenai produk atau jasa yang ditawarkan oleh pihak marketer. Pemasaran digital memang harus dilakukan oleh semua perusahaan karena metode ini menjadi strategi pemasaran yang paling efektif untuk diterapkan. Penerapan pemasaran digital ini tidak hanya baik dilakukan oleh pebisnis yang telah terkenal, namun bagi pemula di bidang bisnis juga wajib menerapkan metode pemasaran ini agar bisnis yang digelutinya bisa lebih dikenal oleh konsumen. Lantas, bagaimana tips digital marketing untuk membuat bisnis lebih dikenal? Mari simak ulasan berikut!

Kenali Channel Digital Marketing Yang Akan Digunakan

Untuk melakukan pemasaran digital, tentu Anda harus memiliki beberapa channel yang akan digunakan untuk memasarkan produk atau jasanya. Oleh sebab itu, Anda wajib mengetahui channel digital marketing yang hendak digunakan agar proses memperkenalkan produk bisa lebih lancar. Berikut beberapa channel digital marketing terbaik yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Website

Website menjadi channel digital marketing yang telah dikenal cukup lama. Hal ini dikarenakan channel yang satu ini menyediakan banyak sekali fitur yang memudahkan Anda untuk menyampaikan informasi kepada calon customer. Ada banyak bentuk website yang bisa Anda gunakan mulai dari website gratis hingga berbayar. Oleh sebab itu, bila Anda ingin memasarkan produk atau jasa dengan mudah, maka wajib memiliki website sebagai channel digital marketing. Dengan adanya website, Anda juga bisa menyampaikan informasi yang lebih detail mengenai produk atau jasa yang hendak ditawarkan.

  • Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu channel terpopuler yang kini telah banyak digunakan sebagai tempat pemasaran digital. Channel ini memang menjadi tempat bersosialisasi sekaligus tempat paling potensial untuk memperoleh database terbaik. Bahkan ada banyak sekali media sosial yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau pasar yang lebih luas hingga ke luar negeri. Untuk media sosial yang paling banyak digunakan ialah Facebook, Twitter, Youtube hingga Instagram. Sementara untuk aplikasi penerima pesan yang sering digunakan ialah WhatsApps serta Facebook messenger.

  • Email

Pemasaran melalui email dianggap menjadi metode terbaik dalam pemasaran digital. Penggunaan email ini juga terbilang mudah sebab Anda hanya perlu mengirimkan email kepada banyak orang terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk pengiriman email marketing, biasanya akan menampilkan informasi mengenai produk terbaru, promosi, hingga diskon produk yang Anda tawarkan. Penggunaan email marketing ini juga tidak akan mati, terlebih ada banyak sekali pengguna email aktif yang kemungkinan besar bisa menjadi pelanggan setiap setelah berkunjung ke website bisnis Anda.

  • Aplikasi Mobile

Aplikasi mobile merupakan salah satu channel yang cukup menjanjikan untuk melakukan pemasaran secara digital. Hal ini dikarenakan bila Anda memiliki aplikasi mobile maka Anda bisa lebih mudah masuk ke dalam ranah privat yang juga memiliki aplikasi tersebut. Selain itu, melalui aplikasi mobile Anda bisa memantau demografi dan bahkan perilaku seseorang. Sehingga Anda lebih mudah memilih target yang sesuai dengan target pasar yang telah Anda tentukan. Perlu diketahui, meskipun aplikasi ini sangat tepat dilakukan, namun Anda juga memperhatikan beberapa hal untuk menggunakan aplikasi mobile. Pasalnya pengguna perangkat mobile lebih didominasi oleh pengguna iOS serta Android. Tidak hanya itu, untuk mendaftarkan aplikasi mobile pada Google Play Store atau Apple Store Anda juga membutuhkan strategi khusus, seperti cross channel marketing yang akan menggunakan website atau media sosial untuk pemasaran suatu produk dan jasa.

Patut Memahami SEO dan SEM

Bila ingin menerapkan digital marketing, sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami strategi digital marketing terbaik yaitu SEO. SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu cara yang digunakan agar website lebih mudah dijangkau oleh calon customer. Pada dasarnya, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO pada website yaitu SEO On Page untuk mengoptimalkan keyword atau kata kunci dan SEO Off page yang digunakan untuk mendistribusikan link dari luar website. Untuk mengoptimalkan SEO sebenarnya juga bisa dilakukan secara organik dengan membangun manual serta membuat konten positif yang mempunyai nilai untuk menarik minat calon konsumen dan juga menarik untuk di share. Selain itu, ada juga SEM atau Search Engine Marketing yang digunakan untuk memperoleh traffic dan memasarkan website. SEM menggunakan media iklan yang ditampilkan pada kolom pencarian.

Cobalah Berkolaborasi Dengan Influencer

Pada dasarnya Anda bisa membeli kepercayaan calon customer dengan metode hard selling yang nyata saat menawarkan produk kepada mereka. Metode hard selling memang menggunakan pendekatan aktivitas pemasaran yang to the point atau bisa dikatakan langsung ke intinya. Meskipun terbilang baik digunakan, namun ada baiknya Anda menggunakan cara yang lebih halus untuk menawarkan produk ke calon customer. Seperti dengan menempatkan influencer sebagai role model produk Anda. Sehingga Anda bisa berkolaborasi dengan beberapa artis, selebgram dan bahkan pesohor untuk memasarkan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Dengan menggunakan influencer ini dapat membuat calon customer lebih mudah percaya dengan produk yang telah digunakan oleh public figure dibandingkan harus membelinya secara langsung.

Menggunakan Sistem Leader Pricing

Sistem leader pricing memang mengharuskan Anda untuk mematok harga produk atau jasa yang dijual lebih rendah dari harga pasaran. Meskipun sistem ini memiliki keuntungan yang lebih minim, namun konsumen akan lebih tertarik membeli produk yang Anda tawarkan dengan harga lebih murah dengan kualitas yang sama atau setara. Dengan menerapkan sistem ini tentunya konsumen lebih tertarik melakukan pembelian produk milik Anda dibandingkan melakukan pembelian produk pada kompetitor yang jauh lebih mahal. Perlu diketahui, penerapan sistem leader pricing tidak perlu membuat Anda khawatir, sebab Anda tetap memperoleh keuntungan yang lebih banyak karena harga jual lebih rendah dengan kuantitas produk yang terjual lebih banyak dibandingkan kompetitor.

Melakukan Evaluasi

Setelah Anda mengetahui strategi digital marketing yang tepat untuk dijalankan dengan baik. Maka Anda perlu melakukan evaluasi dalam jangka waktu tertentu, baik itu mengenai tujuan hingga target yang ingin dicapai.  Apabila Anda belum mencapai tujuan atau target yang telah ditentukan, maka Anda harus mengetahui apa yang baik dilakukan untuk memberikan hasil yang optimal pada bisnis tersebut. Sedangkan bagi Anda yang telah mencapai target, maka wajib mengetahui langkat terbaik untuk mempertahankannya. Dengan begitu, bisnis Anda tidak hanya mampu dikenal tapi juga bisa bertahan lama. Maka dari itu, Anda wajib melakukan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan atau kegagalan dari penerapan strategi pemasaran digital tersebut.

Itulah beberapa tips yang patut Anda terapkan apabila hendak melakukan pemasaran secara digital. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat menjadi sumber referensi terbaik bagi Anda semua yang sedang mencari info seputar digital marketing.

0 0 vote
Article Rating
Share this:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x