Tips Menggunakan Iklan Youtube.

Inilah Cara Beriklan di Youtube yang Efektif

Essentials.id – Pengguna internet telah secara rutin menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat. Tak sedikit dari pengguna internet yang mendapatkan penghasilan dari internet. Salah satunya adalah dengan memasang iklan tentang bisnis online yang mereka kelola di media sosial.

Media sosial yang banyak diincar untuk pemasangan iklan sendiri sangat banyak. Salah satunya adalah YouTube. Sebab, YouTube tidak hanya dapat menampilkan gambar, namun juga tampilan audio visualnya. Lalu bagaimana cara beriklan di Youtube yang efektif? Simak penjelasannya di bawah ini:

Tentukan fitur yang akan dipakai

Kamu harus memilih fitur “biaya maksimum per klik” setelah menghubungkan AdWords dan Youtube. Hal ini akan menentukan biaya yang harus dibayarkan saat iklan di pasang. Tak hanya itu, Anda pun bisa memilih format iklan yang ditawarkan oleh Youtube.

Tentukan Target Audience

Tentukan target yang sesuai dengan jenis promosi yang dilakukan. Di tahap ini, kamu harus pilih target sesuai dengan kualifikasi gender dan umur. Setelahnya, kamu harus menentukan topik apa yang ditampilkan nantinya. Contohnya saja, bila kamu ingin iklan kosmetik wanita, maka kami bisa menggunakan topik ‘kosmetik’. Sebenarnya topik ‘kosmetik’ sudah sangat pas. Namun akan lebih spesifik lagi jika kamu menggunakan topik ‘kosmetik wanita’.

Tetapkan target

Tak hanya membuat perencanaan yang berkaitan dengan keyword iklan yang akan kamu pasang. Kamu pun harus menetapkan target pengguna Youtube yang harus melihat iklan kamu. Sebab nantinya, iklan yang akan dipasang segera tampil jika pengguna mengetikkan sebuah keyword yang berhubungan dengan iklan kamu.

Kreatiflah dalam membuat format iklan

Untuk menarik perhatian calon konsumen memang tidak mudah. Banyak yang harus direncanakan. Tidak hanya soal produk dan target iklan, tapi juga soal format iklan. Dalam tahap yang satu ini, kamu bisa memilih channel YouTube yang akan digunakan sebagai sarana iklan. Kamu pun harus memilih format bagaimana iklan tersebut muncul nantinya. Setidaknya ada banyak format iklan yang ditawarkan. Ada iklan yang muncul sebelum video dimulai. Ada iklan yang muncul di tengah video. Bahkan ada iklan yang muncul di sebelah kanan halaman Google. Banyak juga yang memilih iklan banner di sebuah video. Mana yang terbaik? Tentu tergantung dari perhitungan kamu. Namun, jika kamu memilih iklan yang muncul sebelum video, maka buatlah iklan yang menarik. Dengan begitu pengguna Youtube akan tetap diam dan melihat iklan kamu sampai habis, tanpa men-skipnya.

Baca juga: Tips Content Marketing 2019

Pilih atribut iklan yang tepat

Tahap akhir dalam cara beriklan di Youtube adalah menentukan atribut iklan. Maksudnya adalah kamu harus menentukan URL tujuan, nama iklan, teks iklan sampai thumbnail gambar. Pilihlah destinasi yang dapat mengarahkan pengguna YouTube ke Channel Youtube kamu.

Cara beriklan di Youtube yang sudah disebutkan di atas adalah cara termudah untuk memasang iklan di Youtube. Dengan menggunakan cara yang tepat, kamu bisa mendapatkan manfaat dari promosi yang efektif. Namun tetap saja, cara yang tepat tersebut tidak akan berhasil tanpa dibarengi dengan desain yang tepat.

Kamu harus membuat video atau foto yang menarik supaya calon konsumen tertarik dengan produk atau jasa kamu. Ini merupakan langkah sulit lainnya yang harus kamu lewati. Tentukan juga kata-kata yang sifatnya membujuk supaya calon konsumen semakin tertarik dengan produk kamu. Jika kamu tidak ada ide, kamu bisa melihat contoh-contoh iklan-iklan yang tampil di Youtube. Selamat mencoba.

Tim Essentials!

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of