Tips Dasar Menjadi Youtuber

Tips Menjadi Vlogger YouTube yang Sukses

Essentials.id – Sekarang ini, menjadi seorang yang berpenghasilan tinggi tidak harus bekerja di perusahaan ternama ataupun pebisnis sukses. Kamu bisa mendapatkannya dengan menjadi vlogger di YouTube. Namun sayangnya, untuk menjadi vlogger yang memiliki banyak subcribers di dunia per-YouTube-an, itu tidak semudah yang dibayangkan. Mungkin dalam bayangan kamu, penghasilan bisa didapatkan hanya dengan mengupload video di YouTube, ditonton banyak orang, lalu menghasilkan uang. Kenyataannya, tidak semudah itu.

cara jadi youtuber

Baca juga: WOW Anak umur 7 jadi Youtuber Dengan Pendapatan 11 Juta Dollar

Apapun yang berakhir dengan kesuksesan, pasti dirintis dengan susah payah, termasuk jadi vlogger di YouTube. Terlebih saat ini, YouTube lebih selektif dalam memilih channel-channel yang mendapatkan jatah iklan. Supaya upayamu untuk menjadi YouTubers bisa mulus, terapkan tips menjadi vlogger YouTube di bawah ini:

Tidak perlu muluk-muluk

Saat memulai sebuah channel, jangan ingin langsung kaya dan menghasilkan uang. Tidak dipungkiri memang, jika uang adalah hal yang dicari. Namun niat untuk menghasilkan karya harusnya lebih besar dibandingkan niat menghasilkan uang. Sebab, vlogger pemula di YouTube, umumnya belum berpenghasilan. Bahkan, jika mendapatkan penghasilan pun tidak seberapa. Bila niat kamu menghasilkan uang, maka kamu akan merasa lelah di tengah jalan karena channel YouTube kamu tidak kunjung menghasilkan.

Belajar teknik dasarnya dulu

cara jadi vlogger

Video yang diupload ke YouTube tentu harus berkualitas baik. Untuk itu, kamu harus mempelajari teknik dasar dalam menggunakan kamera. Minimal, kamu tahu cara mengarahkan kamera untuk merekam diri sendiri. Selain itu, ketahui juga peralatan apa saja yang harus disiapkan untuk menghasilkan sebuah video yang berkualitas. Tidak perlu mahal-mahal, yang penting ada dulu. Kamu bahkan bisa memulainya dengan kamera hp.

Berlatih bicara

Tips menjadi vlogger YouTube yang satu ini mungkin banyak diremehkan. Namun ini bisa dibilang salah satu yang paling penting. Kamu pasti tahu jika vlogger YouTube menghabiskan waktu dengan berbicara di hadapan kamera. Nah, kamu juga harus melatihnya. Bagaimana caranya diri kamu terlihat menarik saat berbicara di hadapan kamera. Kamu pun harus menemukan logat yang tepat supaya penonton channel YouTube kamu tidak bosan. Untuk melatihnya, kamu bisa mengandalkan kaca. Berbicaralah sambil melihat kaca dan temukan gaya yang tepat.

Tentukan Tema

cara prank youtube

Tema untuk sebuah content YouTube sendiri sangatlah beragam. Mana yang paling tepat dan banyak dicari orang? Semuanya tergantung pada kecenderunganmu. Jangan memaksa sebuah content jika kamu tidak suka atau bahkan tidak menguasainya. Setiap content memiliki pemirsanya tersendiri sehingga kamu tidak usah khawatir tidak memiliki peminat. Ada beberapa content yang bisa kamu pertimbangkan seperti desain rumah, travelling, kuliner, film dan lainnya.

Tentukan target penontonmu

Target market ini harus kamu sesuaikan dengan content yang dibuat. Apa kamu akan menarik mereka yang masih muda, anak-anak, orang tua, atau bahkan semua umur? Pertimbangkan dengan matang dan usahakan kamu konsisten dengan content tersebut.

Belajar edit video

Untuk menghasilkan video yang berkualitas, tidak hanya memerlukan kemampuan dalam merekam di sudut yang tepat, tapi juga kemampuan dalam editing. Untuk permulaan, kamu tidak perlu muluk-muluk. Cukup tahu bagaimana cara memangkas video, menambahkan teks dan menambahkan background musik pun sudah cukup. Jika sudah mahir, kamu bisa mencoba terobosan-terobosan lainnya.

tips jadi youtuber

Selalu nimbrung

Di video kamu pasti ada beberapa orang yang meninggalkan komentar. Jadikan vlogger yang ramah dan sapa penontonmu. Jika komentarnya terlalu banyak, cukup tambahkan love di komentar mereka. Ini merupakan salah satu tanda bahwa kamu sudah membaca komentar penonton setiamu.

Nah itulah beberapa tips menjadi vlogger YouTube yang bisa kamu terapkan. Bagaimana, menarik bukan?

Tim Essentials

Essentials adalah bagian dari Grab Essentials! Digital Marketing Agency dan SEO Specialist di Jakarta (seoindonesia.co.id)

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of