Voice Search Optimization adalah Masa Depan SEO?

Setiap produk baru, pengembangan software Google dan update alogaritme Google Search Engine beberapa waktu belakangan ini menunjukkan keseriusan Google dalam mengembangkan “search” ke arah baru: “Voice Search”.

Beberapa expert di digital marketing seperti Neil Patel dan juga startup investor & motivational speaker Gary Vee dengan lantang menyuarakan: “Voice Search is the next big thing.”

Tanda-tanda ini bisa dilihat dari keseriusan Google dalam mengembangkan voice assistant mereka, bahkan tidak hanya Google yang mulai mendominasi, tetapi juga Amazon dengan “Alexa” nya dan Apple dengan “Siri”. Menurut penelitian dari voicebot.ai, 1 dari 5 keluarga di US memiliki “smart speaker” dalam rumah mereka. Dan kami yakin sejalan dengan waktu, tidak lama lagi Indonesia akan mengadaptasi teknologi ini.

Google Search Assistant

Dalam praktek langsungnya voice search akan mempengaruhi SEO dan hal ini sudah dimulai sekarang, mari kita lihat bagaimana Google memasukkan elemen voice search kedalam existing search engine mereka. Mari kita coba masukkan kata kunci: “How to improve SEO” berikut adalah hasil pencarian Google:

Rank 1 pada search engine adalah jeffbulas.com, jadi apakah hasil pencarian Google di atas website dengan ranking pertama. Itu adalah “Position Zero” . Posisi ini didominasi oleh hasil pencarian yang dimaksimalkan untuk “voice search”. 

Jadi apa yang harus kita lakukan untuk berada di posisi teratas pencarian?

Maksimalkan konten kalian untuk Voice, dalam arti siapkan artikel dengan kata kunci yang banyak ditanyakan dan siapkan jawaban berupa poin yang singkat dan mudah dimengerti. Seperti halnya pertanyaan di atas, apabila kita drop down salah satu tab nya, akan memberikan gambaran, kira-kira konten seperti apa saja yang kita bisa buat.

Fitur-fitur yang kita bahas ini hanya menggores permukaan optimization untuk Voice Search dan saya yakin nantinya, seiring dengan terus diperdalamnya alogaritme Google dalam menangani voice query, terutama dalam berbagai macam bahasa, kita harus menjadi yang terdepan dalam optimisasi Voice Search.

Untuk teman-teman yang merupakan pakar SEO, silahkan tinggalkan pendapat kalian mengenai topik ini dan bagaimana tips kalian untuk mengembangkan SEO di masa mendatang.

oleh: Tommy Fabianus, Digital Marketing Director Grab Essentials! & SEOindonesia.co.id

Share this:

1
Leave a Reply

Please Login to comment
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
SEO Tips 2019 - dari SEOindonesia.co.id - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback
SEO Tips 2019 - dari SEOindonesia.co.id - DIGITAL MARKETING NEWS & TIPS

[…] Voice Search adalah masa depan Search. Diperkirakan di tahun 2019 ini penggunaan voice search akan meningkat pesat dan seoindonesia.co.id yakin Indonesia akan menyusul dengan cepat pula. Perusahaan yang mengerti hal ini akan memanfaatkan kesempatan yang ada untuk memaksimalkan konten mereka untuk “Voice Search”. (baca juga: Voice Search adalah masa depan SEO) […]