WordPress Major Update, versi 5.0 update atau tidak?

WordPress baru saja menggulirkan update terbaru mereka, WordPress 5.0.

Selain itu juga WordPress versi terbaru ini memiliki editor teranyar mereka dengan nama: “Guttenberg”

Apakah kita harus segera update semua website wordpress kita ke 5.0?

Seperti halnya semua update software, ada baiknya kita menunggu hingga beberapa waktu sebelum kita sendiri melakukan update, karena biasanya feedback dari user baru akan bermunculan dalam 1 bulan pertama semenjak versi terbaru digulirkan. Untuk kalian yang penasaran, kalian bisa duplicate website kalian dan melakukan pengkinian versi pada website duplicate dan test semua fitur yang disediakan.

Kalau kalian ingin menggunakan versi terbaru WordPress pada website kalian sekarang juga, ini adalah saran kita untuk kamu semua:

  1. Back up existing website kamu
  2. Update semua plugin yang kamu punya, terutama yang berhubungan dengan SEO dan performa website
  3. Pastikan versi php hosting kamu adalah versi teranyar
  4. Lakukan site checkup secara keseluruhan dengan semua plugin aktif, lakukan di berbagai browser, mobile dan desktop, dengan dan tanpa incognito mode pada browser
  5. Ulangi check up website secara berkala untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terlewat
  6. Ini yang jangan sampai lupa, pastikan semua conversion tools kamu bisa berjalan baik (contact form, live chat, CRM, etc)
  7. Untuk kalian yang mengelola website klien, pastikan klien mendapatkan informasi mengenai update ini dan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Untuk editor terbaru WordPress, Guttenberg, masih banyak review negatif yang beredar di luar sana, kita saranin kalian untuk trial dulu, karena masih bisa di revert back ke classic editor kalau ternyata versi terbaru ini kurang cocok untuk kalian.

Oleh: Tommy Fabianus, Digital Marketing Director Grab Essentials

Share this:

Leave a Reply

Please Login to comment
  Subscribe  
Notify of